Jargas Bocor, Warga Jelawat Panik

Jargas Bocor, Warga Jelawat Panik

Kamis, 24 September 2020




SAMARINDA,GLOBAL-SATU.com -  Diduga Jaringan Gas (Jargas) Bumi Bocor, warga jl Jelawat Samarinda Ilir panik, petugas lakukan uji coba saluran.

Warga di Jalan Jelawat Gang 4 blok E Rt 11 kelurahan sidodamai, kecamatan Samarinda Ilir mendadak panik saat melihat semburan gas keluar dari depan rumahnya.

Aroma bau menyengat tercium dari gas yang keluar di sekitaran lorong jalan akses menuju pemukiman warga.
 
Sejumlah warga mengaku kahawatir setelah mengetahui kejadian itu, seperti yang diutarakan salah seorang warga  Safariah (37) warga RT 11, yang terkejut  saat melihat semburan gelembung gas layak nya air mendidih keluar dari sela sela tanah, sekitar pukul 10.30 Wita.

" Tercium bau seperti gas, karena kahawatir langsung melapor ke Pak RT 11". Ujar Safariah saat di temui dikediamannya pada Kamis  siang (24/9).

Sementara itu warga lainnya Impin (59) turut mengalami hal serupa, namun demikian setelah mencari tau sebab keluarnya semburan gas itu, ternyata semburan gas yang keluar bukan lah gas melainkan Odoran atau cairan uji coba sebagai penanda kebocoran. 
   
"Wajar saja warga komplain, ternyata ini masih uji coba kebocoran mau di gali lagi mungkin apakah selangnya kurang pas atau bagaimana." Ucapnya.

Tak berselang lama petugas PT Lembaga Elektronika Nasional (LEN) selaku kontraktor pemasangan jargas di Samarinda segera mengerahkan tim ke lapangan untuk mengecek keluhan tersebut.

"Jadi ada sedikit kesalahan teknis. Ada pipa yang belum tersambung," ungkap Koordinator Operator PT LEN, Ade Bayu, Kamis (24/9).

Ade menjelaskan, sebelumnya pihak kontraktor sedang melakukan pengecekan jargas yang bocor dengan cara menembak angin dan cairan odoran dari ujung pipa yang terpasang di setiap kelurahan. Seharusnya juga, pipa yang tidak tersambung harus muncul ke permukaan sebagai penanda.

"Ini malah ketimbun semua. Tapi bisa kami pastikan ini tidak berbahaya, karena belum teraliri gas disini," pungkasnya. (N Dwi A)