24 C
id

Pendaftataran KPPS Masih Dibuka Hingga18 Oktober 2020



SAMARINDA, GLOBAL-SATU.com- Komisi Pemilihan  Umum  Samarinda masih  membuka Pendaftaran  Kelompok  Penyelenggara Pemungutan  Suara atau  KPPS mulai 14 - 18 Oktober  2020.

Selain itu para calon peserta akan melewati uji tes Skrining sebagai  pembuktian netralitas .

Pendaftaran KPPS merupakan salah satu kelengkapan penyelenggara  Pilkada  Samarinda yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Kendati pendaftaran tahap pertama telah dibuka sejak 7-13 Oktober 2020 namun masih belum mencukupi jumlah yang diperlukan, yakni sebanyak 13.700 orang untuk di tempatkan pada  1962 TPS, sehingga dilakukan  pembukaan  tahap kedua yakni pada 14-18 Oktober 2020 , hal itu di ungkapkan Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat .

"Sampai hari  (14/10) ini kami memutuskan untuk memperpanjang pendaftaran calon peserta KPPS mengingat jumlah yang di perlukan dalam penyelenggaraan pilkada sangat banyak, untuk 1962 TPS " ungkap Firman.


Meski demikian , terdapat beberapa hal yang harus dilalui para calon peserta KPPS selama seleksi berlangsung . Diantaranya mengikuti uji skrining sebagai cara untuk  mengetahui  kepastian dan kenetralan calon KPPS yang ikut mendaftar .

Para pelamar atau pendaftar akan diperiksa rekam jejaknya selama ini , apakah terdapat keberpihakan terhadap salah satu Paselon atau tidak .

"Kami punya file di seluruh Samarinda yang menyatakan dukungan dan mereka benar-benar netral," kata Firman Hidayat.

Setelah jumlah KPPS ini terpenuhi ,para peserta akan di tempatkan pada 1962 TPS , dimana satu TPS akan diisi 7 orang yang di dampingi dua orang tenaga Trantib .

Firman berharap dengan terpenuhinya unsur kelengkapan penyelenggara Pilkada 2020 , pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan dengan aman dan tertib. ( N DWI A)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4