Kasdam XVIII/Kasuari Tutup Latihan Pengamanan VVIP Wilayah Kodam XVIII/Kasuari

Iklan Semua Halaman

 


Dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19 dengan cara menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan * Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci penting pencegahan penyebaran COVID-19. Cara itu bisa dimulai dari kedisiplinan di dalam rumah, terutama jika salah satu anggota keluarga aktif beraktifitas di luar rumah. Kesadaran dan peran seluruh anggota keluarga untuk saling melindungi satu sama lain dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 sangatlah penting. * Yuk, patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M!

Kasdam XVIII/Kasuari Tutup Latihan Pengamanan VVIP Wilayah Kodam XVIII/Kasuari

Sabtu, 14 November 2020



MANOKWARI,GLOBAL-SATU.com. kasuari18 – Latihan Pengamanan _Very Very Important Persons_ (VVIP) di wilayah Kodam XVIII/Kasuari TA 2020 yang telah berlangsung selama lima hari, sejak tanggal 9 November 2020 lalu, pada Jumat (13/11/2020) ini berakhir dan secara resmi ditutup oleh Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Ferry Zein selaku Wakil Komandan Latihan dari Puskodalopsdam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, dalam suatu acara penutupan yang digelar secara virtual melalui _video conference_ (Vicon).

Usai memberikan beberapa evaluasi terkait dengan pelaksanaan latihan yang dinilai telah berlangsung dengan baik, lancar, dan aman tersebut, Kasdam membacakan sambutan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han).



Dalam sambutannya pada acara penutupan Latihan Pengamanan VVIP di wilayah Kodam XVIII/Kasuari tersebut Pangdam mengungkapkan, latihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Prajurit Kodam XVIII/Kasuari, agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang andal dalam melaksanakan tugas Pengamanan VVIP secara berhasil dan berdaya guna. 

"Seluruh materi latihan pengamanan VVIP yang telah dilatihkan, baik yang bersifat pengetahuan dan keterampilan teknis dan taktis serta diuji melalui _Tactical Floor Game_ (TFG) bertujuan agar Prajurit dari tingkat perorangan sampai dengan satuan mampu mengaplikasikan tentang prosedur, teknik, dan taktik dalam memberikan perlindungan kepada pejabat VVIP atau pejabat negara dari ancaman dan gangguan, baik secara langsung maupun tidak langsung," ungkapnya.

Pangdam juga menyadari bahwa dalam pelaksanaan kegiatan latihan Pengamanan VVIP yang baru pertama kali diselenggarakan di Kodam XVIII/Kasuari itu, dirasakan masih banyak kekurangan dan kendala yang dihadapi.

"Untuk itu  kepada penyelenggara agar melaksanakan evaluasi dan pemeliharaan kemampuan, sehingga sewaktu-waktu siap digerakkan. Hal ini dimaksudkan untuk memelihara kesiapan operasional, baik secara perorangan, unit maupun satuan dalam pelaksanaan tugas Pengamanan VVIP di wilayah Provinsi Papua Barat," ujarnya.

_Vicon_ ini diikuti oleh para penyelenggara, pendukung, peserta, dan pelatih yang terlibat dalam latihan, termasuk didalamnya para Asisten Kasdam XVIII/Kasuari, Kabalakdam, dan pata Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam XVIII/Kasuari terkait.

(red/Pendam XVIII/Ksr).