Agar Hasil Panen Berhasil Dan Melimpah Warga Dusun Tebu Seren Desa Dukuhsari Adakan Tradisi Selamatan

Iklan Semua Halaman

 


Dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19 dengan cara menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan * Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci penting pencegahan penyebaran COVID-19. Cara itu bisa dimulai dari kedisiplinan di dalam rumah, terutama jika salah satu anggota keluarga aktif beraktifitas di luar rumah. Kesadaran dan peran seluruh anggota keluarga untuk saling melindungi satu sama lain dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 sangatlah penting. * Yuk, patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M!

Agar Hasil Panen Berhasil Dan Melimpah Warga Dusun Tebu Seren Desa Dukuhsari Adakan Tradisi Selamatan

Rabu, 17 Maret 2021

SIDOARJO,GLOBAL-SATU.com - Nusantara dengan berbagai Suku, Bangsa dan Bahasa tentunya mempunyai berbagai macam kearifan lokal yang berbeda . Dan tentunya kebudayaan atau kearifan lokal ini harus dijaga dan dilestarikan .


Salah satunya adalah tradisi selamatan yang berarti meminta keselamatan pada Sang Pencipta dalam segala hal. tanggal 16/3/2021 kemarin, diadakan selamatan bertempat di balai Dusun Tebu Seren Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo . Selamatan ini diadakan dalam rangka mendekati musim panen sehingga panen berhasil melimpah.



"Selamatan ini merupakan kearifan lokal yang harus dipertahankan dari generasi ke generasi sehingga kebudayaan atau kearifan lokal tidak sampai tergerus jaman,  dengan selamatan ini kita memimta kepada Tuhan agar tanaman padi ini dilindungi dari segala macam penyakit atau hama dan hasilnya melimpah," ujar Ikhwan Widodo SE Kades Dukuhsari.(msa)