Dorong Peningkatan Ekonomi Kampung Binaan , PT Berau Coal Berikan Pelatihan Pembuatan Ampalang Bagi Mayarakat Kampung Rantau Panjang

Iklan Semua Halaman

 


Dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19 dengan cara menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan * Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci penting pencegahan penyebaran COVID-19. Cara itu bisa dimulai dari kedisiplinan di dalam rumah, terutama jika salah satu anggota keluarga aktif beraktifitas di luar rumah. Kesadaran dan peran seluruh anggota keluarga untuk saling melindungi satu sama lain dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 sangatlah penting. * Yuk, patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M!

Dorong Peningkatan Ekonomi Kampung Binaan , PT Berau Coal Berikan Pelatihan Pembuatan Ampalang Bagi Mayarakat Kampung Rantau Panjang

Minggu, 28 Maret 2021


BERAU,GLOBAL-SATU.com - PT Berau Coal melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Pilar Ekonomi, melaksanakan pelatihan pembuatan amplang di Kampung Rantau Panjang, Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau, Minggu (28/3/2021).


Kegiatan tersebut  bertujuan untuk mendorong penguatan ekonomi berbasis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kampung dampingan. 


Kepala Kampung Rantau Panjang  Rahmawaty Supriady menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PT Berau Coal tersebut. Menurutnya, pendampingan yang dilakukan PT Berau Coal ini dapat membatu meningkatkan ekonomi  warganya terutama di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.


“Saya ucapkan terima kasih pada PT Berau Coal yang telah memberikan pelatihan pada kita semua. Semoga dengan pelatihan ini kita bisa mengembangkan produk- produk unggulan untuk menambah panghasilan ekonomi keluarga  ditengah pandemi covid-19," tuturnya saat pembukaan pelatihan.


Dengan pelatihan  yang diberikan oleh PT Berau Coal, ia berharap amplang hasil produksi warganya bisa di pasarkan secara luas nantinya.


“Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatan  ekonomi   masyarakat yang lebih baik,”kata Rahmawaty.



Sementara itu, General Manager CSR PT Berau Coal ,Horas Parsaulian Pardede mengatakan,  tujuan terlaksananya kegiatan ini yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dan menciptakan lapangan kerja.Dengan adanya pelatihan ini tentunya dapat  meningkatan ekonomi terutama UMKM warga kampung Rantau Panjang terutama di tengah pandemik covid -19. 


“Pelatihan ini diharapkan mampu mendongkrak nilai tambah ekonomis atau peningkatan pendapatan rumah tangga. Jika produk sudah diterima masyarakat luas, tidak menutup kemungkinan membuka lapangan kerja baru,” ujarnya .


Selesai dari pelatihan  ini, imbuhnya, PT Berau Coal akan melakukan pendampingan lanjutan. Mulai dari segi kualitas produk hingga pengemasan untuk menarik konsumen dan bersaing dipasaran, serta membantu pemasaran melalui outlet PT Berau Coal. 


Secara khusus, Horas meminta peserta pelatihan kedepannya mampu berinovasi untuk menciptakan amplang khas Kampung Rantau Panjang. Tidak terpaku dengan bahan baku ikan tengiri, namun memanfaatkan jenis ikan lainnya sebagai ciri khas sendiri, seperti ikan salap atau patin. 


“Yang jelas, PT Berau Coal akan berupaya membantu Ibu-ibu Kampung Rantau Panjang berinovasi menciptakan produk ciri khas kampung,” pungkasnya.