banner 728x250

PT.Berau Coal & PT. Sinar Mas Kembali Salurkan APD ke RSUD Abdul Rivai Berau

  • Bagikan
BERAU –  Perlindungan utama untuk petugas medis yang menangani PDP dan ODP COVID-19 adalah masker, terutama masker N95 jadi barang yang langka dan susah didapat, stok RSUD Abdul Rivai menipis. Saat ini, pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis saat ini menjadi tantangan.
Melihat hal ini , PT Berau Coal terus  proaktif melakukan koordinasi dengan pihak Rumah Sakit untuk mengupayakan ketersediaan APD medis ini tetap terjaga bagi petugas medis.
Setelah melakukan penyaluran bantuan APD sebelumnya, Selasa (14/04) siang, Berau Coal-Sinar Mas Peduli, kembali menyerahkan ribuan APD dan perlengkapan medis untuk RSUD Abdul Rivai Berau yang terdiri dari Masker N95, baju medis, sarung tangan medis, kaca mata (google), sepatu boots, pelindung kepala, alkohol 70%, face shield dan tempat limbah medis.
Penyerahan bantuan tersebut langsung dilakukan  oleh Deputy Director Operation Support & Relations PT Berau Coal, H. Gatot Budi Kuncahyo bersama Serikat Pekerja PT Berau Coal dan Perwakilan Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang diterima oleh Perwakilan RSUD Abdul Rivai Berau, Agus Sumaryono. Bantuan tahap selanjutnya dari Berau Coal-Sinar Mas Peduli akan dilakukan setelah pengadaan APD medis lainnya tiba di Berau.
Pada lokasi pertama, yakni RSUD dr Abdul Rivai, tim Berau Coal-Sinar Mas Peduli disambut oleh Kepala Bidang Baku Mutu Agus Sumaryono, serta beberapa pegawai di rumah .
Agus Sumaryono mengatakan , bahwa bantuan dari PT. Berau Coal ini sangat penting dan bermanfaat, karena dalam situasi seperti  saat ini pihak rumah sakit harus benar-benar kerja ekstra menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang tentu membutuhkan alat pelindung diri.
“Kita sangat bersyukur  mendapatkan bantuan dari PT.Sinar Mas dan PT. Berau Coal,” katanya singkat.
Untuk rumah sakit, PT. Berau Coal menyerahkan sebanyak 1.804 alat pelindung diri. Yakni 1.000 buah pelindung kepala, 500 handscoon gynec, serta 100 masker N95.APD yang diperuntukkan bagi petugas medis yang siang malam melakukan pengawasan terhadap pasien Covid-19.
“Untuk APD memang kurang, tetapi dengan adanya bantuan  ini setidaknya bisa mengurangi kesulitan kami,” jelas Agus.
Setelah menyerahkan bantuan , Tim Berau Coal-Sinar Mas Peduli bergerak ke Dinas Kesehatan Berau. Di lokasi tersebut Tim dari PT. Berau Coal disambut Sekretaris Dinas Kesehatan, Halijah Yasin. Di Dinas Kesehatan, PT. Berau Coal menyerahkan masker  sebanyak 500 buah , sepatu boot medis 25 buah, kaca mata 40 buah, alat semprot disinfektan manual 9 buah, serta  alat semprot elektrik sebanysk 16 buah. Bantuan ini untuk para dokter dan juga perawat yang bertugas di Rumah Sakit Covid-19 (Eks Hotel Cantika Swara).
Halijah Yasin mengatakan, PT. Berau Coal selama ini selalu konsisten memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah yang terjadi di Berau , terutama masalah covid-19.
“Di tengah masalah Covid-19 , PT. Berau Coal telah dua kali menyerahkan bantuan APD pada Dinas Kesehatan. Kami atas nama Dinas Kesehatan Berau mengucapkan terima kasih kepada Berau Coal yang telah membantu APD ini,” ujar Halijah.
“Ditengah situasi saat ini APD paling dibutuhkan oleh tenaga medis, khususnya yang ada di RS . Di sana terdapat tenaga dokter, perawat dan bidan, yang harus berjuang menangani ODP ,Ini yang kedua kalinya,”katanya.

Selain RSUD dr Abdul Rivai dan RS Covid-19, Berau Coal juga menyerahkan bantuan di 10 puskesmas,yakni Puskesmas Gunung Tabur, Merancang, Sambaliung, Suaran, Teluk Bayur, Labanan, Tanjung Redeb, Kampung Bugis, dan Puskesmas Segah.

Deputy Director Operations Support & Relation PT Berau Coal, Gatot Budi Kuncahyo mengatakan, jika pengadaan alat pelindung diri (APD) yang diserahkan ini secara bertahap dan sesuai permintaan rumah sakit dan Dinas Kesehatan.
“Kita akan terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, agar bantuan yang diserahkan tepat sasaran dan bantuan ini melalui program pengembangan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT Berau Coal di bidang kesehatan,”kata dia.
Menurutnya  ,PT. Berau Coal terus berkomitmen membantu dan mendukung Pemkab Berau dalam menangani pandemi Covid-19 . Bantuan ini murni untuk membantu pemerintah dalam memerangi dan menekan angka penularan Covid-19.
“Bantuan pada Puskesmas -pukesmas tentu akan dirasakan oleh masyarakat di  lingkar tambang, contohnya seperti penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan oleh pihak Puskesmas. Kami juga tetap berkoordinasi dengan mitra kerja PT. Berau Coal, agar ikut berkontribusi menangani corona ,” pungkasnya. (*)
banner 728x250
  • Bagikan
banner 728x250
error: Content is protected !!