Anggota Polres Berau Meninggal Dunia Dalam Melaksanakan Tugas Patroli Perairan

Iklan Semua Halaman

 


Dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19 dengan cara menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan * Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci penting pencegahan penyebaran COVID-19. Cara itu bisa dimulai dari kedisiplinan di dalam rumah, terutama jika salah satu anggota keluarga aktif beraktifitas di luar rumah. Kesadaran dan peran seluruh anggota keluarga untuk saling melindungi satu sama lain dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 sangatlah penting. * Yuk, patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M!

Anggota Polres Berau Meninggal Dunia Dalam Melaksanakan Tugas Patroli Perairan

Kamis, 27 Mei 2021

 


BERAU,GLOBAL-SATU.com - "Sesungguhnya kita adalah milik-Nya, dan kepada-Nya lah kita semua pasti akan kembali". Polres Berau berduka. Seorang anggota Polres Berau, Aiptu Joko Purnomo, S.H. yang saat ini menjabat sebagai Kanit Gakkum Satpolairud Polres Berau meninggal dunia saat menjalankan tugas mengalami kecelakaan air (laka air) saat melaksanakan patroli perairan di Sungai Sukan, Kecamatan Sambaliung,Kabupaten Berau.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo S.I.K melalui Paur Humas Polres Berau Iptu Suradi menjelaskan Kronologisnya bermula pada Rabu ( 26/5/ 2021)sekitar pukul 00.10 wita, Kanit Gakkum Satpolairud Polres Berau Aiptu Joko Purnomo, S.H. bersama 3 anggota lainnya menemukan tugboat yang tampak mencurigakan. 


"Ia kemudian melakukan pengecekan serta pemeriksaan terhadap tugboat tersebut. Hal itu menindaklanjuti laporan masyarakat adanya beberapa tindak pidana illegal oil, illegal fishing, dan narkoba di wilayah perairan Sungai Sukan,"jelas Suradi kepada wartawan Kamis, (27/5/2021) .


Setelah melakukan pengecekan, lanjut Suradi, Aiptu Joko Purnomo kembali ke speed patroli. Namun, saat pindah dari tugboat ke speed patroli sambil membenahi life jacket miliknya, lalu korban terpeleset dan jatuh ke sungai. 


"Kemudian 3 anggota lainnya melakukan pertolongan pertama dengan cara melempar ring buoy (ban pelampung), tetapi Aiptu Joko Purnomo tidak bisa meraih ring buoy tersebut dan tenggelam,"ungkapnya.


Pencarian segera dilakukan malam itu juga. Personel Polres Berau dipimpin langsung oleh Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning W, S.I.K. dibantu oleh BPBD Berau, KUPP, TNI AL dan masyarakat sekitar segera melakukan pencarian di sekitar lokasi tenggelamnya korban.


"Pencarian akhirnya membuahkan hasil, pada Kamis 27 Mei 2021 pukul 09.05 wita, Aiptu Joko Purnomo berhasil ditemukan di perairan Sungai Sukan, ±50 meter dari lokasi awal korban tenggelam,"ujarnya.


Korban segera dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Tanjung Redeb untuk dilakukan visum. "Setelahnya, jenazah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanjung Redeb,"pungkasnya.


Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo S.I.K menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu pencarian jenazah Alm. Aiptu Joko Purnomo.


"Semoga apa yang telah rekan-rekan lakukan dalam melakukan pencarian menjadikan ladang amal ibadah .Dan pada kesempatan ini, kepada keluarga alm yang di tinggalkan,"jelas Kapolres.


Kapolres Berau menyampaikan dukacita yang mendalam atas Kembalinya Alm Joko Purnomo ke Rahmatullah .Semoga almarhum meninggal dalam keadaan Syahid dan ditempatkan di surga. Aamiin YRA.(Arie)