Bimtek Petugas Pendata SDGs di Desa Banjarbendo

Iklan Semua Halaman

 


Dukungan setiap lapisan masyarakat diperlukan untuk melindungi diri dan lingkungan dari Covid-19 dengan cara menyukseskan program vaksinasi pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan * Penerapan protokol kesehatan menjadi kunci penting pencegahan penyebaran COVID-19. Cara itu bisa dimulai dari kedisiplinan di dalam rumah, terutama jika salah satu anggota keluarga aktif beraktifitas di luar rumah. Kesadaran dan peran seluruh anggota keluarga untuk saling melindungi satu sama lain dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 sangatlah penting. * Yuk, patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M!

Bimtek Petugas Pendata SDGs di Desa Banjarbendo

Sabtu, 05 Juni 2021

SIDOARJO.GLOBAL-SATU.com -  Bertempat di pendopo Balai Desa Banjarbendo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo diadakan  Bimbingan Teknis (Bimtek) pendataan melalui   Sustainable Development Goals (SDGs) dengan tujuan  agar tidak terjadi kesalahan saat pendataan dan memasukkan data masyarakat ke server,Jumat (4/6/2021).


D. Kurniawan ST. selaku Pendamping Desa Kecamatan Sidoarjo mengungkapkan, perlunya pelatihan bagi petugas pendataan melalui   SDGs  dengan maksud agar tidak terjadi kesalahan saat melalukuan pendataan. Menurutnya  kegiatan SDGs  merupakan pendataan untuk arah kebijakan rencana pembangunan nasional. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan secara digital melalui aplikasi sehingga perlu diadakannya  bimtek dalam rangka pendataan warga guna pembangunan yang berkelanjutan sehingga bisa tepat sasaran. 



"Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di desa atau kecamatan saja tapi  semua negara memakai sistem ini. Untuk Indonesia khususnya desa baru dilaksanakan tahun ini. Karena di Indonesia 70% nya adalah desa maka tahun ini dilaksanakan di desa. Dengan adanya SDGs ini diharapkan pembangunan lebih terarah, tepat sasaran terutama untuk penggunaan dana desa,"ungkapnya.



Lebih lanjut  D. Kurniawan. ST. menjelaskan,  SDGs desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan merujuk  dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:


1. Desa tanpa kemiskinan

2. Desa tanpa kelaparan

3. Desa sehat dan sejahtera

4. Pendidikan desa berkualitas

5. Desa berkesetaraan gender

6. Desa layak air bersih dan sanitasi

7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan

8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa

9. Inovasi dan infrastruktur desa

10. Desa tanpa kesenjangan

11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan

12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan

13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa

14. Ekosistem laut desa

15. Ekosistem daratan desa

16. Desa damai dan berkeadilan

17. Kemitraan untuk pembangunan desa

18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.


 "Apa yang menjadi tujuan diatas tentunya dibutuhkan pelatihan bagi para petugas pendata,"tutupnya.(msa)