Dalam Sepekan Angka Terpapar Covid -19 Naik Signifikan, Bupati Berau Himbau Pedagang dan Masyarakat Patuhi Prokes

Dalam Sepekan Angka Terpapar Covid -19 Naik Signifikan, Bupati Berau Himbau Pedagang dan Masyarakat Patuhi Prokes

Rabu, 30 Juni 2021

BERAU, GLOBAL-SATU.com - Lonjakan Penyebaran positif Covid -19 di Kabupaten Berau terus terjadi dalam sepekan terakhir. Menanggapi lonjakan kasus ini, Bupati Berau, Sri Juniarsih turun langsung bertemu para pedagang  dan masyarakat  pengunjung di jalan Pulau Derawan  dan  Jalan Ahmad Yani (30/6/21) sore tadi guna  menghimbau  masyarakat agar tetap mematuhi protokol Kesehatan (Prokes) untuk menekan bertambahnya angka terkonfirmasi positif Covid 19 dan  langkah memutus mata rantai penularan virus Covid -19.

 

Dihadapan pedagang dan Masyarakat, Bupati Berau, Sri Juniarsih dengan rendah hati menyampaikan bahwa, sehubungan dengan  meningkatnya angka  positif covid-19, Pemerintah Daerah  akan menerapkan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan akan dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di ruas-ruas jalan protokol  guna menekan  penyebaran Covid-19 di Berau.

Terhadap upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah, diharapkan masyarakat dapat memaklumi dan  bersama-sama memerangi covid -19. Bupati berharap agar masyarakat tetap mematuhi prokes dengan ketat dengan menerapkan 5 M dan jangan menimbulkan adanya kerumunan. Selain itu,  Bupati juga menghimbau kepada  para pedagang agar menutup dagangannya hingga jam 9 malam.


" Para pedagang agar tutup jam 9 malam karena Covid sedang naik-naiknya, kita mengantisipasi agar tidak semakin banyak yang terpapar," kata orang nomor satu di Berau itu kepada para pedagang dan pengunjung.

Menurutnya, untuk sementara para penjual makanan dan minuman cukup menerima pesanan saja_take way_  dan selalu menerapkan prokes .


"Jika angka positif covid menurun kita akan kembali seperti biasa, saat ini pemantauan operasi yustisi oleh tim satgas diperketat,"kata Sri Juniarsih.

Dilokasi yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Thamrin mengatakan Tim Satgas gabungan akan memberi sanksi disiplin bagi pelanggar prokes,  tim juga akan melakukan patroli setiap malam karena kasus covid 19  sangat pesat meningkat hingga mencapai 320 lebih orang sampai saat ini. Yang terpapar positif yaitu dari klaster keluarga,klaster perusahaan serta transmisi lokal.


"Kita  sudah harus lebih berhati-hati karena dibeberapa bulan lalu grafik menurun tapi sekarang malah meningkat dalam satu minggu terakhir ini," kata Thamrin .


Diakhir penyampaian, Thamrin menegaskan sangsi akan diberlakukan terhadap pelanggaran Prokes Covid 19 dengan mengacu pada Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 1 Tahun 2021 sebagaimana Perubahan dari Perbup Berau Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.(Arie)