24 C
id

JIS Sejajar Dengan Santiago Bernabeu, Calon Kandang Persija Jakarta

 


JAKARTA, GLOBAL-SATU.com - Warga Jakarta mesti berbangga,  pasalnya Jakarta International Stadium (JIS) disejajarkan dengan stadion kandang tim raksasa Spanyol Real Madrid, Santiago Bernabeu dan Bercelona,Camp Nou.


Calon kandang tim Macan Kemayoran ini, juga di gadang  gadang bakal menjadi salah satu stadion termegah di dunia.


Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakpro,  Nadia Diposanjoyo menyampaikan, berdasarkan laporan Daily Mail pada 20 Februari 2021, JIS   masuk dalam 10 stadion termegah di dunia.


"Masuk dalam daftar ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley - Moore Dock, Camp Nou,  Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca,"kata Nadia dalam keterangannya,  kamis (29/ 7/21).


Menurut Nadia,  untuk fasilitas stadion JIS memiliki tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas agar dapat bersama-sama menikmati pertandingan dalam stadion.


Tak hanya itu, stadion yang berlokasi di Kelurahan Papanggo,  Tanjung Priok,  Jakarta Utara, tersebut dibuat dengan konsep atap buka tutup (Retractable Roof).


"Hal ini merupakan yang pertama di Indonesia,"terang Nadia.


Meskipun pembangunan kontruksi masih berlangsung,  stadion dengan kapasitas 82.000 penonton tersebut telah mendapatkan sertifikasi Green Building Grade Platinum.


"JIS  menjadi Stadion di Asia pertama yang mendapatkan sertifikasi itu," jelasnya.


Nadia menambahkan, dengan mengusung konsep green building, JIS  dapat menghemat energi, salah satu diantaranya dengan nilai Overail  Thermal Transfer Value (OTTV) mencapai 26,60 W/m2 dari standar maksimum SNI 35 W/m2.


"Sesuai Peraturan Gubernur (Pergub)   14/2019 Jakpro  diamanatkan untuk membangun dan mengelola kawasan olah raga terpadu JIS, oleh karena itu Jakpro  berikhtiar untuk mengoptimalkan JIS sebagai kawasan Livabel City atau kawasan kota layak huni dan berkelanjutan," tuturnya.(Doddy SP/Irwansyah).

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4