Syukuran Bersama Warga, TNI Ajarkan Pembuatan Lemang di Papua

Syukuran Bersama Warga, TNI Ajarkan Pembuatan Lemang di Papua

Jumat, 02 Juli 2021

 


KOYA KOSO, GLOBAL-SATU.com  - Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Koya Koso mengajarkan pembuatan makanan tradisional "Lemang" untuk hidangan pada syukuran warga di Kampung Koya Koso Distrik Abepura Kota Jayapura.


Hal tersebut diungkapkan Wadan Satgas Yonif 131/Brs  Mayor Inf Achmad Muzani CH dalam rilis tertulisnya di KM 31 Kampung Sanggaria Arso 1 Distrik Arso Barat Kab. Keerom Papua (01/07/2021)



Diungkapkan Wadan Satgas, Lemang merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang bahannya terbuat dari beras ketan, dibungkus dalam bambu lalu dibakar. Personil Satgas 131/Brs  juga mengajak masyarakat untuk melestarikan kuliner asli nusantara sebagai salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari budaya luhur bangsa.


Kegiatan yang dipimpin oleh Danpos Koya Koso Letda Inf Iswandi tersebut dimulai dari proses pengolahan beras ketan hingga menjadi lemang.



“Kami mengajarkan warga membuat salah satu makanan khas Indonesia yaitu Lemang, kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian kita (Satgas) untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan kuliner asli dan mengenalkan makanan dari daerah lain di Indonesia kepada saudara-saudara kita di Papua", pungkas Danpos.


Ibu Defi (34 th), salah seorang warga mengatakan kami sangat senang karena diajarkan cara pembuatan lemang oleh personil TNI dan hasilnya dimakan bersama-sama dengan warga lainnya dalam acara syukuran warga kampung kami ini", ucap Defi.(red/pen Yonif 131/Brs)