24 C
id

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab.Berau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke -60 Tahun 2021

 


BERAU, GLOBAL-SATU.com - Kwartir cabang gerakan pramuka kab.Berau, laksanakan Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke -60 Tahun 2021, bertemakan "Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional" di gedung balai mufakat Jl.Cendana Kel.Gayam Kec.Tanjung Redeb, Pada kamis (19/8/21) pagi.


Upacara tersebut dihadiri Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd, Wakil Bupati Berau H. Gamalis, SE, Sekda Berau Ir. M. Gazali, S.IP, MM, Ketua Kwarcab Berau Hj. Syarifatul Syadiah, S.Pd, M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Berau Nislianudin, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Berau Dwiana Kusumas Tanti SH, MH, Pasi Intel Kodim 0902/Bru Letda Inf Faisol, Pasi pers Skadron 13/Serbu Lettu Arm Hermanto, Plt. Asisten II Ir. H. Agus Wahyudi, MM, Plt. Asisten III Ir. Hj. Maulidiyah, SE, M.Si, Kepala BPBD H. Thamrin, S.Sos, Kepala Dinkes Drs. H. Iswahyudi, Apt M.Kes, Kepala Dinas Pendidikan Drs.Murjani, M.Si, Kepala Dispora H. Amiruddin, SE, M.Si, PMI Berau, Para Pengurus Kwarcab Kab. Berau.


Bertindak selaku pembina upacara, dalam amanatnya Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd mengatakan di Hari Pramuka pada 14 Agustus 2021 lalu, organisasi kepramukaan genap telah berusia 60 tahun, Sekalipun sesungguhnya, gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia berusia jauh lebih tua, namun sejak 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah-pecah, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka.


"Pada Hari Pramuka yang diperingati ini sebagai wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal, Gerakan Pramuka," ungkap Bupati.



Selain itu, Sri Juniarsih juga menyampaikan setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata masih terdapat cukup banyak organisasi kepramukaan di negara ini. Hal tersebut yang menyebabkan Presiden Soekarno dibantu Sri Sultan Hamengku Buwono X dan sejumlah tokoh lainnya, menyatukan dalam wadah Gerakan Pramuka. Melalui Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961, ditetapkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan satu satunya wadah gerakan pendidikan kepramukaan di Indonesia.


"Walaupun kita bergembira dapat mengikuti peringatan Han Pramuka dan sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi Covid. 19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu, membuat kita harus disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi," himbau Bupati



Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan arahan Bapak Presiden Ri selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup.


"Mari Kita Peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka dengan mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya


Rangkayan kegiatan upacara memperingati Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021 Kwarcab gerakan pramuka Kab. Berau disertai Penandatangan MOU (BPBD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan PMI Berau) Pengumuman Pemenang dan pemberian hadiah Lomba Poster serta penganugerahan tanda penghargaan lencana darma bakti Kepada 27 orang Pengurus Kwarcab Berau.( Arie)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4