24 C
id

Melestarikan Budaya Melalui Kegiatan Bersih Desa

 


SIDOARJO,GLOBAL-SATU.com - Nusantara dengan berbagai kebudayaan dan adat istiadat yang beranekaragam tentunya suatu hal yang istimewa dan menarik. Adat istiadat atau kebudayaan yang ada di Nusantara salah satunya bersih desa dengan tujuan agar desa yang melakukan kegiatan dihindarkan dari wabah atau musibah. Demikian juga yang dilakukan oleh Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo pada Kamis, (26/8/ 2021). 


Acara di mulai pagi hari yaitu Khotmil Qur'an sampai dengan siang hari, malamnya dilanjutkan Istighosah. Karena masih pandemi covid-19, maka kegiatan bersih desa dilakukan di masing-masih pedukuhan. Sebelum ada covid-19, kegiatan bersih desa dipusatkan di balai desa. Sedang kan untuk acara dibalai desa dikhususkan untuk perangkat desa, pengurus RT, RW, Ulama dan Sesepuh. 



Setelah Khotmil Qur'an dan Istighosah dilanjutkan ziarah ke makam yang membuka Desa Dukuhsari. Dengan diikuti seluruh perangkat desa beserta pengurus RT, RW dan Ulama.


Dalam sambutannya Kepala Desa Dukuhsari Ikwan Widodo SE. mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan tidak seperti tahun-tahun sebelum nya. Tapi dipusatkan di Balai Dusun masing-masing. "Dengan adanya kegiatan bersih desa ini kita berharap agar wabah covid-19 segera berakhir dan dihindarkan dari segala musibah. Dengan kegiatan ini sekaligus melestarikan kebudayaan atau adat istiadat Nusantara," jelas Kades. (msa)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4