24 C
id

Rapat Penetapan SDGs Desa Dukuhsari

 


SIDOARJO, GLOBAL-SATU.com -  Sustainable Development Goals ( SDGs) Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian dengan tujuan untuk pembangunan yang tepat sasaran.


Untuk itulah diadakan rapat penetapan hasil pendataan SDGs yang diadakan di balai Desa Dukuhsari pada tanggal 7 Agustus 2021 yang di mulai sekitar jam 19:00 WIB. Penetapan data SDGs dilakukan oleh Kepala Desa Dukuhsari  Ihkwan Widodo S. E. Didampingi oleh Babinsa Sertu Indro S. dari Koramil Kecamatan Jabon, pemerintah Kecamatan Jabon diwakili Plt Kasipem  Yahya Dahari S.H. pendamping lokal desa (SDGs)  Anamul Mubin, BPD  Nawawi S.T. dan dihadiri pengurus RT/RW serta tokoh masyarakat desa.


Plt Kasipem Yahya Dahari S.H. Kecamatan Jabon  memaparkan bahwa, dengan adanya rapat penetapan SDGs malam ini merupakan pengukuran standar suatu desa. Apakah desa yang bersangkutan termasuk desa miskin atau desa sedang atau desa maju, serta sebagai ukuran untuk menentukan kebijakan desa, kabupaten, provinsi bahkan nasional. 


"Jadi dengan adanya pendataan SDGs itu untuk menentukan desa tersebut berbasis apa, kekurangan-kekurangan desa itu apa, maka pemerintah pusat dapat menjadikan data SDGs itu sebagai pertimbangan untuk membantu desa itu kekurangan apa, untuk membantu suatu desa apa yang dibutuhkan seperti sarana dan prasarana jalan, pendidikan dan lainnya yang kurang. Sehingga dengan adanya kegiatan  ini bisa segera mengatasi kekurangan yang ada. Antara lain kemiskinan, kesenjangan sosial sehingga bisa teratasi. Sehingga tahun 2030 sudah tidak ada lagi hal-hal seperti di atas,"ungkap Yahya Dahari S.H.


Ikhwan Widodo S. E. Kepala Desa Dukuhsari  mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja tim pendata SDGs. Dengan melalukan pendataan kepada warga desa. 


"SDGs merupakan suatu program yang dilakukan oleh pemerintah untuk mempercepat pembangunan berbasis desa. Sehingga nantinya diharapkan tidak ada lagi warga desa yang masuk keluarga miskin dan bisa mengetahui potensi Desa Dukuhsari yang bisa dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,"jelas dia.


"Dan SDGs sendiri terdiri dari beberapa hal yaitu :1. Desa tanpa kemiskinan.

2. Desa tanpa kelaparan.

3. Desa sehat sejahtera.

4. Keterlibatan perempuan desa.

5. Desa berenergi bersih dan terbarukan.

6. Pertumbuhan ekonomi desa merata.

7. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan.

8. Desa damai berkeadilan.

9. Kemitraan untuk pembangunan desa.

10. Kelembagaan desa dinamis .

11.  budaya desa adaptif.

Dari hal tersebut di atas kita berharap bisa melaksanakannya dan kita akan menerima hasil penilaiannya apakah Desa Dukuhsari termasuk desa yang maju, sedang atau miskin,"tutupnya. (msa)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4