24 C
id

Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel: Segera Bentuk UU Perlindungan Pemuka Agama

 


JAKARTA,GLOBAL-SATU.com - Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel mendesak pemerintah segera merancang Undang-Undang (UU) Perlindungan Pemuka Agama.


Hal tersebut dikatakan Reza menanggapi kasus pembunuhan Ustad Alex  yang ditembak oleh orang tidak dikenal (OTK) di jalan Nean Saba,   Kecamatan Pinang, Tangerang pada sabtu (19/9/ 21) kemarin.


Seriuskanlah wacana  Undang-Undang Perlindungan Pemuka Agama, kata Reza saat dihubungi, Minggu (19/9/2021).


Reza juga meminta terhadap mereka yang menganiaya Pemuka Agama lagi menyebabkan korban yang tewas dihukum seberat-beratnya.


"Pembunuh Pemuka Agama dikategorikan sebagai kejahatan kebencian,  hukumannya diperberat,"pintanya.


Kasus pembunuhan ustaz Alex, kata Reza  patut dicurigai sudah direncanakan oleh pelakunya,  pasalnya dalam melancarkan aksinya pelaku menggunakan senjata api.


"Kalau pelaku pakai alat yang terkesan sekenanya,  mungkin seketika terbangun spekulasi bahwa pelaku adalah orang tidak waras. Begitu pada kejadian kejadian serupa sebelumnya, "ungkapnya.


"Tapi karena pelaku pada peristiwa ini pakai senjata api, maka bolehlah publik meyakini ini sebagai pembunuhan oleh orang waras," sambungnya.


Selain itu, yang memperkuat bukti kalau pembunuhan sang guru ngaji tersebut terencana,  karena diketahui sejumlah pelaku terlihat mondar-mandir di lokasi selama beberapa hari terakhir.


Apalagi pelaku dikabarkan mondar-mandir di lokasi selama berhari-hari dan melihat posisi lubang pada tubuh korban, ada alasan untuk meninjau ini sebagai pembunuhan berencana tegasnya.


Dan bila memang benar terbukti itu pembunuhan berencana, berarti ada aktor intelektual di belakangnya.


Dugaan, penembak sebatas eksekutor,  kalau begitu berarti ada aktor intelektual (pemesan) dan pemasok senjata," pungkasnya.(Doddy SP/Irwansyah).

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4