24 C
id

DPD IWAPI Kaltim Mendukung UMKM Melalui Penyaluran Dana Program Kemitraan PT Pertamina

 



SAMARINDA, GLOBAL-SATU.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kalimantan Timur, terus berkomitmen  dalam memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  Binaannya melalui  dana penyaluran kemitraan  yang di berikan oleh PT Pertamina Balikpapan.


" Mudah - mudahan bantuan pinjaman lunak ini bisa bermanfaat bagi UMKM dalam memperbesar dan memajukan usahanya dan tetap harus bertanggung jawab untuk tetap bisa mengangsur nya setiap bulan, demi menjaga nama baik IWAPI ke depannya dengan PT Pertamina ," ucap ketua AWPI Kaltim  Erna Wati Gafar  kepada media Globalsatu.com pada Jumat (3/9).


Harapan itu diutarakannya setelah IWAPI Kaltim melakukan serah terima secara simbolis dana penyaluran program kemitraan dari PT. Pertamina Balikpapan pada  Kamis ( 2/9) lalu.


Erna Wati Gafar menjelaskan sudah dua tahun  sejak 2020  IWAPI melakukan MOU dengan Pertamina MOR VI regional Kalimantan terkait Program bantuan kemitraan UMKM.

 


Dalam program bantuan dana kemitraan ini , IWAPI Kaltim Ditunjuk  PT Pertamina Balikpapan untuk memeperkenalkan LPG Pink ke masyarakat.


Sehingga IWAPI diminta membantu memasarkan dan mebudayakan LPG Pink untuk dipakai UMKM yang bergerak di sektor kuliner.


"Jadi anggota dan pengurus IWAPI sudah tidak pakai LPG hijau melon ," kata Ketua DPD IWAPI Kaltim 


Sebagai timbal baliknya  program dana kemitraan di berikan PT Pertamina kepada seluruh Anggota UMKM dibawah naungan IWAPI, sehingga para anggota  dapat mengajukan pinjaman modal usaha tanpa bunga melalui CSR Perusahaan PT Pertamina, pinjaman lunak tanpa Bunga ini diberikan selama jangka waktu selama 3 Tahun, dengan besar pinjaman  mulai dari 10 juta hingga 200 juta per UMKM.



Berdasarkan informasi yang diperoleh,  sudah sebanyak  3 kali dana yang di kucurkan pada 2020 lalu yakni sebesar Rp. 8,3 Miliar, selanjutnya pada tahun 2021 sudah 2 kali dikucurkan dana kemitraan yakni sebesar Rp.3,9 miliar.

" Semua dana ini diperuntukkan bagi anggota UMKM dibawah naungan IWAPI baik yang berada di Balikpapan hingga wilayah Kaltim lainnya ," jelas Erna.

Berdasarkan data IWAPI  Kaltim hingga saat ini jumlah keanggotaan UMKM , yang tersebar di 9 Kabupaten kota tidak termasuk kabupaten Mahakam Ulu tercatat kurang lebih sebanyak 500 anggota UMKM.


"DPC Mahakam Ulu masih belum terbentuk " imbuhnya.


Untuk dapat memperoleh pinjaman dana lunak  tersebut terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya menjadi anggota UMKM IWAPI , mengisi formulir  dan pastinya sudah menjalankan usahanya minimal 6 bulan.


" Dan tentunya ada persyaratan lainnya yang harus dilampirkan ," terang Erna.



Pada kegiatan serah terima dana program kemitraan UMKM dibawah Naungan IWAPI Kaltim lalu, penyerahan dana secara simbolis di serahkan oleh Managemen PT Pertamina MOR VI dan Rumah BUMN. sementara penerima  dari perwakilan UMKM diterima oleh Ketua DPD IWAPI Kaltim ,  pelaku usaha Sembako , pelaku usaha Gas LPG serta Bengkel Mobil.


"Kegiatan serah terima dilakukan juga secara zoom virtual yang di ikuti oleh anggota yang berada di Balikpapan di kantor Anec Pertamina MOR VI , dan selain itu dilakukan pula di kota Samarinda, Tarakan dan Pontianak ," pungkasnya.( man)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4