24 C
id

Haul Mbah Sambi Resik Penyebar Agama Islam di Desa Dukuhsari

 


SIDOARJO,GLOBAL-SATU.com - Setiap dusun pasti punya cerita. Demikian juga dengan Dusun Tebuseren Desa Dukuhsari. Untuk memperingati ulama di Dusun Tebuseren diadakan haul Mbah Sambi Resik. Beliau adalah penyebar agama Islam pertama di Dusun Tebuseren.


Adapun kegiatannya diikuti para perangkat desa, perangkat dusun, Alim Ulama serta tokoh masyarakat dimulai dari siang hari tanggal 3 Sepember 2021 hari Jumat yaitu ziarah ke makam  Mbah Sambi Resik, dilanjutkan malam harinya Istigosah dan diakhiri  sholat hajat sampai selesai. Dalam doa yang dipimpin pemuka agama juga turut mendoakan agar Indonesia tentram, damai, dihindarkan dari marabahaya atau musibah dan covid 19 segera hilang dari Bumi Nusantara.



A. Munir M. Takmir Masjid Sambi Nurul Huda menjelaskan kegiatan haul ini yang ke limapuluh tujuh (57) dan bertepatan dengan lailatul Ijtimak yang biasanya diadakan oleh MWC NU Kecamatan Jabon. 


"Haul yang ke 57 bukan berarti Mbah Sambi Resik meninggal 57 tahun yang lalu tapi kita mengikuti haul-haul yang sebelum apabila diurutkan saat ini yang ke 57. Karena sampai saat ini belum ada data yang menunjukkan kapan beliau wafat. Sehingga pada tahun 1965 masyarakat sepakat untuk mengadakan haul yang pertama. Adapun peninggalan beliau masjid yang sekarang masih di renovasi, bedug dan sumur," jelasnya.


Menurut Kades Dukuhsari Ikhwan Widodo, S.E. kegiatan ini untuk memperingati atau Haul Mbah Sambi Resik yang ada di Dusun Tebuseren. Beliau merupakan ulama yang menyebarkan Agama Islam di dusun ini.


 "Dengan adanya kegiatan ini kita bersyukur sekali karena selain haul beliau juga sebagai uri-uri budaya Nusantara sehingga generasi muda tidak melupakan sejarah suatu daerah dan saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Banser yang telah membantu kegiatan haul sehingga bisa berjalan dengan lancar," katanya. (msa)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4