24 C
id

Karang Taruna Aceh Utara dan Bireuen, Wakili Provinsi Aceh Pemantapan Kewirausahaan Karang Taruna Se-Indonesia

 


ACEH , GLOBAL-SATU.com – Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara dan Karang Taruna Angkasa Muda Gampong Lhok Awe-Awe Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, mewakili Provinsi Aceh mengikuti Pemantapan Kewirausahaan Karang Taruna se-Indonesia.


Kegiatan Pemantapan Kewirausahaan Karang Taruna yang diselenggarakan  Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial RI diikuti oleh perwakilan Karang Taruna dari 34 Provinsi di Indonesia, yang dilaksanakan tanggal 22-25 September 2021 di Kawasan Posko Karang Taruna Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.


Kepala Dinas Sosial Aceh Dr. Drs. Yusrizal, M.Si, melalui Sekretaris Dinas Sosial Aceh Devi Riansyah, A.Ks, M.Si, mengatakan dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh setelah kami lakukan proses penyaringan seleksi bersama Karang Taruna Provinsi Aceh, hanya 2 Karang Taruna yang lolos untuk menjadi Wakil Provinsi Aceh mengikuti Even Nasional tersebut, yakni Kabupaten Aceh Utara dan Bireuen. 


Devi Riansyah menambahkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dan Bireuen wajib berbangga, meski karang taruna masih kurang mendapatkan kontribusi untuk pembinaan tetapi hari ini dibuktikan bahwa karang taruna Kabupaten Aceh Utara dan Bireuen dapat mewakili Provinsi Aceh untuk mengikuti kegiatan Pemantapan Kewirausahaan Karang Taruna Se-Indonesia. Semoga kedepan Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh dapat memberikan perhatian khusus kepada  karang taruna, agar karang taruna di daerah bisa menjadi lebih kretif dan inovatif, harap Devi Riansyah.




Ketua Karang Taruna Provinsi Aceh Ismet Tanjung, ST, MT, menjelaskan bahwa Pelatihan Pemantapan Kewirausahaan Karang Taruna adalah untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia Karang taruna, serta menunjang usaha kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh teman-teman pengurus Karang Taruna,  maka Organisasi Kepemudaan tersebut juga harus memiliki Potensi dan kemampuan secara kelembagaan dalam menopang setiap kegiatannya baik potensi Sumber daya manusia maupun sosial ekonomi. 


Ismet Tanjung juga berharap agar Perwakilan Karang Taruna Aceh dapat mengikuti kegiatan Pemantapan Kewirausahaan tersebut sebaik baiknya agar Ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dan diterapkan di daerah. Untuk Bantuan permodalan yang nantinya juga akan diberikan oleh Direktorat PSPKKM Kementerian Sosial RI dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menambah permodalan usaha yang sudah ada.


Ismet Tanjung juga meminta kepada seluruh Karang Taruna yang ada di Kabupaten/Kota di Aceh agar selalu bersinergi dengan semua jajaran Pemerintahan tak terkecuali Pemerintah Kecamatan dan Gampong. 


Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh, dalam hal ini Dinas Sosial Aceh dan Karang Taruna  Provinsi Aceh yang telah memberikan kesempatan dan peluang untuk Karang Taruna Aceh Utara berkiprah di Even Nasional.


“Kami bangga Karang Taruna Aceh Utara dapat kesempatan mengikuti event nasional ini, mudah-mudahan dapat kami manfaatkan dengan semaksimal mungkin,” ungkap Mantan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Tanah Luas.


Dijelaskan Sarjani, sejumlah prestasi tingkat Provinsi dan Nasional terus dicapai jajaran Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara sejak beberapa tahun terakhir, tahun 2016 Karang Taruna Guroe Sakti Gampong Tambon Baroh Kecamatan Dewantara berhasil menjadi Karang Taruna Teladan Peringkat Ke-1 Tingkat Provinsi Aceh dan masuk ke Peringkat Ke-1 Nasional, tahun 2019 Karang Taruna Peuneurah Aceh Gampong Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas berhasil menjadi Karang Taruna Teladan Peringkat Ke-3 Tingkat Provinsi Aceh, tahun 2019 Karang Taruna Muara Karya Gampong Mane Tunong Kecamatan Muara Batu meraih Juara Ke-3 Bidang Pergelaran Festival Tradisional Tingkat Provinsi Aceh yang digelar oleh PT.Gudang Garam TBK, dan tahun 2021 Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara mewakili Provinsi Aceh pada Kegiatan Pemantapan Kewirausahaan Karang Taruna Se-Indonesia di Posko Karang Taruna Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.


“Ini semua tentunya tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Aceh Utara H.Muhammad Thaib dan Fauzi Yusuf, yang  selalu mensupport kami. Terimakasih juga kepada Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Utara Fuad Mukhtar, S.Sos, M.S.M dan jajaran, Kadis Sosial Provinsi Aceh Dr. Drs. Yusrizal, M.Si beserta jajaran, Ketua Karang Taruna Provinsi Aceh Ismet Tanjung, ST, MT, dan Sekretaris Khairul Laweung, STh.I, M.Ag serta jajaran, majelis pertimbangan, pembina teknis, proyek vital dan seluruh pihak yang telah peduli dengan Karang Taruna. Terimakasih atas segala dedikasi yang diberikan,” ujar Sarjani . (*)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4