24 C
id

Presiden Resmikan Bendungan Kuningan, Bisa tingkatkan Produksi Dan Kesejahteraan Petani

 


KUNINGAN, GLOBAL-SATU,com - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Kuningan, di Kabupaten Kuningan Jawa barat, Selasa ( 31/8/2021).


Bendungan yang dibangun dalam kurun waktu 7 tahun ini dengan biaya ya  Rp.513 miliar. Presiden berharap dengan adanya Bendungan dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani.


Dalam peresmian  kali ini Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno,  Menteri pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono,  Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil dan Bupati Kuningan Acep Purnama.


"Alhamdulillah Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat yang telah dibangun selama 7 tahun dengan biaya Rp  513 miliar, hari ini selesai dan siap untuk difungsikan,"ujar Presiden.


"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat saya Resmikan,"lanjutnya.


Menurut Jokowi, Bendungan Kuningan yang memilliki  kapasitas daya tampung sebesar 25,9 juta M3 tersebut akan berfungsi menyuplai air secara berkelanjutan bagi 3000 hektar sawah masyarakat yang ada disekitar Bendungan mulai dari Kabupaten Kuningan,  Kabupaten Cirebon hingga Kabupaten Brebes.


"Jika suplai air untuk irigasi ini terus terjaga petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari 1 kali setahun menjadi 2 atau 3 kali setahun sehingga dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani kita,"imbuhnya.


Selain itu, Bendungan Kuningan juga diharapkan akan memberikan manfaat lain bagi masyarakat sekitar mulai dari ketahanan air,  pengendalian banjir,  penyediaan air baku 0,3 meter kubik per detik,  hingga menghasilkan listrik sebesar 0,5 MW.


Presiden Jokowi pun meminta agar Bendungan tersebut disambungkan dengan penataan jaringan irigasi agar kehadiran Bendungan Kuningan dapat memberikan manfaat nyata bagi penelitian air irigasi untuk para petani. (Doddy Sp/Agus Setiawan).

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4