24 C
id

Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI AU Untuk Berau dan Bakti Sosial Berau Coal Sinar Mas Untuk Indonesia

 


BERAU, GLOBAL-SATU.com - Vaksinasi tahap I bagi Masyarakat Berau dengan tema "Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI AU untuk Berau dan Bakti Sosial Berau Coal Sinar Mas untuk Indonesia" di Bandar Udara Kalimarau. Serbuan Vaksinsi ini terselenggara atas kerjasama TNI-Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Berau, Yayasan Darma Bhakti Berau Coal, Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, dan Eka Tjibta Fondation guna mensukseskan program pemerintah yang berlangsung selama 4 hari sejak 8 hingga 11 September 2021.


Panglima TNI memberikan apresiasi  disampaikan melalui Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan), Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E., dalam sambutanya saat tinjauan pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di Bandar Udara Kalimarau, Berau Sabtu (11/9/2021).



"Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, saya ucapkan kepada semua pihak, yang telah menunjukkan kepedulian dan dukungannya, sehingga pelaksanaan vaksinasi di Kalimantan Timur dapat terlaksana dengan sangat baik," ujar Panglima TNI yang disampaikan oleh Pangkogabwilhan II.


Menurutnya, kegiatan ini akan mendorong percepatan herd immunity, sekaligus menjadi dorongan bagi warga di Kabupaten Berau kembali produktif dan aman dari virus Corona. 


"Melalui semangat persatuan dan kesatuan, kita dapat menghadapi semua, dan hanya dengan solidaritas kita akan dapat bersatu untuk saling membantu sesama kita," jelasnya.


Dalam tinjauannya,Pangkogabwilhan II, didampingi Gubernur Kaltim, Ketua DPRD Kaltim, Bupati dan Wakil Bupati Berau, Pangkoopsau II, Danlanud Dhomber,  serta jajaran Forkompimda Berau serta Kaltim.


Marsdya TNI Imran juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan serbuan vaksinasi ini awalnya hanya 10.000 dosis diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Berau, namun bersamaan kedatangannya mendapat penambahan kuota vaksin.


“Awalnya 10.000, tetapi hari ini ditambah 500 dosis vaksin, jadi totalnya 10.500 dosis vaksin,” tuturnya.



Selain itu, Jenderal bintang tiga ini mengatakan akan kembali mendistribusikan vaksin  berkerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan vaksin.


“Kita bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, yang jelas kedepannya ketersediaan vaksin akan lebih banyak, sehingga akan mendorong untuk pendistribusian lebih banyak ke Berau,” ungkapnya.


"Penjurunya Pemda setempat, kami TNI-Polri akan selalu mendukung program percepatan vaksinasi pada msyarakat," imbuhnya.



Sementara itu, Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., turut  menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak, khususnya kepada TNI AU yang telah melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Berau.


Gubernur berharap, agar seluruh masyarakat selalu disiplin dalam menjalankan penerapan protokol kesehatan, dikarenakan adanya varian-varian baru Covid 19.


Disisi lain, Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas., mengatakan, dengan melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi mengikuti vaksinasi, walaupun dengan jumlah yang sangat banyak dapat terkondisi berjalan dengan baik, Dia juga berharap dengan adanya serbuan vaksinasi ini penekanan angka penyebaran kasus Covid-19 dapat teratasi.


"Ini merupakan vaksin pertama, kita berharap kedepan akan ada vaksin diberikan bagi anak-anak sekolah, dan seluruh masyarakat di wilayah pedalaman," kata Bupati Perempuan pertama Berau ini.



Sri Juniarsih mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya atas perhatian Pemerintah Pusat dan khususnya Panglima TNI serta Forkopimda, juga pihak swasta yang sangat luar biasa antusias bantuannya.


"Seperti yang kita ketahui vaksin adalah sebagai indikator utama dalam penekanan penyebaran Covid-19, Pemerintah Daerah Berau bergerak proaktif dengan berbagai upaya dan bersinergi yang baik ke berbagai pihak," tuturnya.


"Perlu kami sampaikan akumulasi realisasi vaksin  sampai tanggal 10 September 2021 untuk dosis I sebanyak 58.902 orang  atau 31,4%, dan dosis ke II sebanyak 30.199 orang, atau 16,1% dengan sasaran 187.847 orang," papar Bupati.


Tak hanya itu, Sri juniarsih juga menjelaskan terkait sebagai bentuk tanggung jawab pemenuhan hak masyarakat, sejak awal Dia katakan selalu berkomitmen, fokus pada upaya penanganan Covid 19, dengan merumuskan sejumlah regulasi hingga penyaluran bantuan sosial pada seluruh lapisan masyarakat.


"Data infografis per 10 september sebanyak  12.681 kasus konfirmasi, angka kesembuhan 11.622 dan 639 orang yang dirawat," jelasnya.



Dengan demikian Berau mengalami penurunan, yang berada di PPKM level 4 menurun ke level 3 sebagai mana tertuang dalam Inmendagri nomor 32 tahun 2021 tanggal 10 Agustus 2021.


Dalam kesemparan tersebut, Direksi PT Berau Coal melalui Exsekutif Direktur Sinarmas,  Hong Tjhin dan juga selaku ketua umum Eka Tjibta Fondation serta mewakili Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, menyampaikan bahwa bakti sosial bravo untuk Indonesia ini adalah untuk mendorong percepatan penangan covid -19.


"Pembagian sembako kepada 20.420 KK dimulai sejak 27 Agustus 2021 di jangkauan 47 kampung lingkar tambang Kabupaten Berau hingga Provinsi Kaltim, dan penyerahan 10 unit alat bantu pernapasan (high flow nasal cannula) HFNC serta penambahan kapasitas ruang rawat 40 di RSUD Abdul Rivai,obat-obatan, vitamin serta bantuan alat kesehatan," papar Hong Tjhin.

(Arie)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Ads Single Post 4