banner 728x250

Pekerja  Toilet Umum di SPBU Swasta Mengeluh Digratiskan

  • Bagikan

JAKARTA – Menindaklanjuti arahan  Menteri BUMN Erick Thohir,  PT Pertamina (Persero) berkomitmen memberikan layanan toilet  tak berbayar alias gratis di seluruh Stasiun Pengisian bahan Bakar Umum (SPBU). Diawali berdasarkan video yang diunggah Senin, (22/11/21).

Dengan adanya Arahan Menteri BUMN Erick Thohir tentang toilet umum di SPBU swasta digratiskan mulai hari Selasa (23/11/2021) diseluruh SPBU,  banyak keluhan dari para pekerja Toilet Umum  di SPBU Swasta.

Sementara Rifky  pekerja toilet umum mengatakan, saya sangat sedih dengan kondisi saat ini karena tempat saya mencari nafkah untuk kehidupan keluarga tidak bisa diharapkan lagi.

“Dampak dari arahan Menteri BUMN untuk toilet umum digratiskan, akan menambah pengangguran di Indonesia bertentangan dengan program Bapak Presiden RI yang sudah dilakukan mengurangi pengangguran di Indonesia,” ujarnya.

“Saya atas nama rakyat kecil (wong cilik) tentang Toilet Gratis mohon  Kebijakan tersebut ditinjau kembali keberadaannya karena menyangkut  Rakyat banyak yang menggantungkan kehidupannya di toilet umum SPBU swasta,” imbuhnya.

Sebagai pengguna toilet umum berhasil diwawancarai mengatakan,  tidak keberatan memberikan uang  Rp.2.000 sebagai imbalan kepada  jasa pekerja kebersihan, melihat hal ini sangat wajar untuk dilakukan karena pekerja tersebut  sehari harinya mencari nafkah untuk keluarganya di toilet umum yang ada di SPBU. “Apabila toilet umum di gratiskan akan banyak Pengangguran di Sektor Penjaga Toilet Umum yang penghasilannya tidak seberapa,”  kata Ibu Siska.(Doddy Sp/Irwansyah).

banner 728x250
  • Bagikan
banner 728x250
error: Content is protected !!