banner 728x250

Pos Pamtas Desa Bambangan Adakan Upacara Peringati Hari Pahlawan 10 November Sekaligus HUT PGRI Ke-76 Serta HGN Tahun 2021

  • Bagikan
KALTARA –  Untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah mendahului khususnya para Pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertempat di Pos Pamtas Desa Bambangan Rt.03 Kec.Sebatik Barat Kab. Nunukan Prov Kaltara telah melaksanakan upacara Hari Pahlawan 10 November di barengi dengan HUT PGRI-KE.76 serta HGN Tahun 2021 dan penyerahan Tali asih dan Piagam Penghargaan bagi Pejuang KKO diwilayah Sebatik Barat, Rabu (10/11/2021) pukul 08.00 Wita.

Pada pelaksanaan upacara tersebut, Inspektur upacara oleh  Danki Pamtas pos Aji kuning, Lettu Arm.Hermanto. Dalam Amanat Menteri Sosial RI yang di bacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan  Puji syukur pada kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya-lah, pada hari ini tanggal 10 November 2021 kita dapat bersama-sama memperingati Hari Pahlawan.

“Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba,” ujar Danki Pamtas pos Aji kuning, Lettu Arm.Hermanto dalam membacakan amanat.

Dijelaskannya, para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.

“Kita harus terus menggelorakan semangat Gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,” tegasnya.

Dalam amanat yang disampaikan, Ia mengajak kita semua untuk  lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Menurutnya, para Pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan Merdeka atau Mati, jiwa persatuan yang tidak menanyakan asalusul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun. Kita adalah anak cucu kandung para Pahlawan Bangsa.

“Tentunya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” ungkapnya

“Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan. Kobarkan semangat, tekad dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita. Aamiin YRA. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021,” pungkasnya.(AP)

banner 728x250
  • Bagikan
banner 728x250
error: Content is protected !!