banner 728x250

Personel Koramil Nanga Taman Manfaatkan Lahan Kosong Jadi Lahan Produktif

SEKADAU – Sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga. Personel Koramil 1204-17/Nanga Taman Serda Andy SN bersama ibu-ibu Kelompok Wanita Tani melaksanakan panen Kangkung dan Kacang panjang di lahan kosong milik Koramil 17/NT di Desa Nanga Mentukak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Sabtu (11/12/21).

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi Covid 19.

Serda Andy menuturkan, dalam kondisi krisis seperti Covid-19 saat ini, pertanian menjadi jawaban untuk bisa survive. Tidak perlu lahan besar, kita manfaatkan lahan di pekarangan kita. Jadi di pekarangan rumahpun bisa bertani.

“Salah satu program kerja Kementerian Pertanian adalah Pekarangan Pangan Lestari atau P2L yang digerakkan sejak tahun 2010 dengan nama Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL),” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

“Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) terbukti mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Ini sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Wanita Tani,” tandasnya. (red/Pendam XII/Tpr)

error: Content is protected !!