banner 728x250

Turut Serta Mencerdaskan Generasi Penerus Bangsa, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Menjadi Tenaga Pengajar Di Wilayah Perbatasan RI-PNG

KEEROM – Personel Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC menjadi tenaga pengajar Sekolah Dasar Kanandega di Kampung Banda, Distrik Waris, Kab. Keerom, Papua. Menjadi tenaga pengajar di wilayah perbatasan Papua, merupakan program Satgas Yonif 126/KC mengingat jumlah tenaga pendidik di perbatasan masih minim. Program ini dilaksanakan dalam rangka turut mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya kepada generasi penerus di perbatasan Papua melalui jalur pendidikan formal (sekolah).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Letkol Inf Dwi Widodo, S.H.,M.Han dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (07/12/2021).

Dansatgas menjelaskan bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia, tanpa kecuali. Anak-anak di seluruh wilayah NKRI harus mengenyam pendidikan, tidak terkecuali anak-anak di wilayah perbatasan. Menjadi tanggung jawab moral Satgas Pamtas Yonif 126/KC khususnya Pos Waris untuk turut mendidik anak-anak di daerah binaannya.

“Program tenaga pendidik Satgas Yonif 126/KC di titik beratkan pada PPK (penguatan pendidikan karakter). Fokus pengajaran tersebut diharapkan dapat membina karakter anak-anak di perbatasan Papua yang sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

“Materi yang diberikan mengerucut kepada tiga tujuan besar diantaranya pertama untuk menumbuhkan jati diri sebagai bagian dari NKRI, kedua untuk membentuk masyarakat perbatasan Papua yang bermartabat dan memiliki rasa cinta terhadap tanah air Indonesia, ketiga untuk membentuk masyarakat perbatasan Papua yang berakhlak mulia,” kata Dansatgas.

Di tempat terpisah, Wadan Pos Waris Serda Hayadi Putra menyampaikan bahwa Pos Waris akan selalu siap setiap saat untuk menjadi tenaga pendidik baik diminta ataupun tidak. “Kami Satgas Pamtas Yonif 126/KC sudah dibekali keterampilan sebagai tenaga pendidik yaitu sebagai pengajar sewaktu di homebase oleh dinas pendidikan Kabupaten Batu Bara dan sudah mendapatkan sertifikasi mengajar dari Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara,” ungkapnya.

error: Content is protected !!