banner 728x250. banner 728x250.
banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.
News  

Air Mesu Timur Jadi Target BNN, Ini Kata Kades dan Kapolsek

PANGKALPINANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang kembali menargetkan desa dan kelurahan bersih narkoba (Bersinar).

Setelah beberapa waktu lalu Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan ditargetkan sebagai Kelurahan Bersinar, kali ini Desa Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah turut ditargetkan BNN Kota Pangkalpinang untuk dicanangkan sebagai Desa Bersinar (bersih narkoba).

Sejak awal tahun 2022 lalu, Air Mesu Timur terus berbenah dalam mengemban mandat dari BNN untuk dijadikan sebagai desa Bersinar.

Salah satu terobosan desa Air Mesu dalam mengkampanyekan dan persiapan program desa Bersinar adalah memfasilitasi layanan sosialisasi penyalahgunaan narkoba kepada warga setempat guna menanamkan edukasi bahaya narkoba terutama dilingkungan keluarga.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh pemerintah desa Air Mesu Timur bekerja sama dengan BNN Kota Pangkalpinang sebagai fasilitator program pencegahan penyalahgunaan dan pemberantasan peredaran gelap narkoba.

Sosialisasi berlangsung di kantor desa Air Mesu Timur pada Rabu (16/03) dengan melibatkan stake holder seperti Kecamatan Pangkalan Baru, Polsek Pangkalan Baru, Badan Kesbangpol Kabupaten Bangka Tengah serta para tokoh masyarakat maupun aparat desa.

Disamping mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat, BNN Kota Pangkalpinang juga membentuk agen pemulihan intervensi berbasis masyarakat (IBM) yang secara langsung dikukuhkan oleh Sekretaris Kecamatan Pangkalan Baru M. Tamsil didampingi pelaksana harian (plh) Kepala BNN Kota Pangkalpinang Syarifuddin, Kepala Desa Air Mesu Timur Hasanudin dan Kapolsek Pangkalan Baru AKP Djoko Martono.

Agen pemulihan tersebut berasal dari Desa Air Mesu Timur sebagai mitra BNN dalam memberikan layanan konseling kepada korban penyalahguna narkoba.

Tentu, para agen pemulihan ini akan dilakukan pelatihan khusus dan pendampingan oleh BNN Kota Pangkalpinang dalam memahami dan menguasai teknik dan strategi pemulihan para korban penyalahgunaan narkoba khususnya kepada warga desa Air Mesu Timur.

Pada prosesi pengukuhan itu, M. Tamsil menyatakan dukungannya untuk pelaksanaan program desa Bersinar dan pembentukan agen pemulihan unit intervensi berbasis masyarakat.

“Sebagai implementasi program desa Bersinar dan guna menyelamatkan generasi dari narkoba, sudah sepatutnya kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada desa Air Mesu Timur untuk menjalankan misi mulia ini. Tentu, BNN hadir ditengah kita sebagai fasilitator dalam mewujudkan desa Bersinar”, ungkapnya.

Sebelumnya, pada kata sambutannya Hasanudin selaku kepala desa Air Mesu Timur menghimbau kepada masyarakat agar lebih peduli dan memahami bahaya narkoba, mengingat Air Mesu Timur masuk kategori waspada penyalahgunaan narkoba dalam indeks survey yang dilakukan oleh BNN RI beberapa waktu lalu.

“Sudah saatnya kita buka mata kepala agar paham dengan bahaya narkoba. Jangan dianggap enteng dan sepele. Kapanpun dan dimanapun bisa saja narkoba menjerumuskan kita dengan berbagai modus dan iming-iming. Selama kita sehat dan kuat, saya sebagai kepala desa Air Mesu Timur mengajak seluruh warga bahu-membahu menjadikan keluarga masing-masing sebagai warga yang sehat, bahagia, dan bersih narkoba,” katanya.

Hasanudin menambahkan, untuk diketahui masyarakat bahwa desa Air Mesu Timur telah memiliki lima orang agen pemulihan intervensi berbasis masyarakat.

“Yang nantinya akan bermitra dengan BNN dalam memberikan layanan konseling bagi korban penyalahguna narkoba. Masing-masing agen tersebut adalah Masron, Muksin, Irhamdani, Agus Saleh dan Fadli Azhiimi Ramadhan,” jelasnya.

Senada, Plh. Kepala BNNK Pangkalpinang Syarifuddin pun mengatakan bahwa masyarakat harus lebih peduli dengan anggota keluarga masing-masing agar tidak ada lagi kasus penyalahgunaan narkoba.

“Mulailah dari sekarang, tanamkan kepedulian kepada anak-anak kita, suami, bahkan istri di rumah agar tidak mudah terjerumus narkoba,” ungkapnya.

Disamping itu, Kapolsek Pangkalan Baru AKP Djoko Martono turut andil dalam memberikan dukungan.

Djoko memberikan dukungan penuh kepada BNN Kota Pangkal Pinang dan desa Air Mesu Timur dalam pencanangan desa bersinar.

“Sebagai aparat penegak hukum, kami siap membantu dan partisipasi dalam membangun desa bersinar. Bila perlu kita lakukan patroli rutin dan menghimbau masyarakat setempat terkait bahaya narkoba. Melalui personil Bhabinkamtibmas, pihak kepolisian selalu siaga dan terdepan dalam memberikan perlindungan dan pemahaman kepada masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban khususnya mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” tegasnya.

Turut memberikan pernyataan dan dukungan, Indra Gunawan selaku Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Badan Kesbangppol Kabupaten Bangka Tengah mengaku akan mendampingi dan mendukung upaya pembentukan desa Air Mesu Timur sebagai desa Bersinar.

Menurutnya, sudah selayaknya Air Mesu Timur mendapat predikat bersih narkoba mengingat semakin hari penyalahgunaan narkoba semakin sulit di deteksi. Indra pun memberikan apresiasi kepada BNN Kota Pangkalpinang dalam upaya pencegahan penyalahgunaan maupun pemberantasan peredaran gelap narkoba. (Bmg)