banner 728x250. banner 728x250.
banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.
News  

Bersaing di Babak Final, Peserta Adu Kreativitas Raih Juara Lomba Pantun BNN RI

JAKARTA – Lomba Pantun yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BNN RI ke-20 telah memasuki babak final dan digelar secara virtual di Ruang Hoegeng, Gedung BNN RI, Jumat (18/3).

Peserta yang berhasil lolos ke dalam babak final untuk kategori masyarakat diantaranya Dishub Bogor, Abah Qory, Relawan BNNP Bali, Tomson Panjaitan, MAN Batubara dan Syarifah Nazwa. Sedangkan untuk kategori BNNP/K, diantaranya BNNP Banten, BNNK Pelalawan, BNNP Riau 3, BNNK Balikpapan, BNNK Palangkaraya, dan BNNP Riau 2. 6 peserta dari masing-masing kategori saling adu berbalas pantun dengan performance yang tidak kalah menarik dan kreatif dari sebelumnya untuk memperebutkan Juara I, II, dan III. Hadiah yang diberikan kepada Juara I mendapatkan uang tunai Rp 7,5 juta, Juara II mendapatkan uang tunai Rp 5 juta, dan Juara III mendapatkan uang tunai Rp 2,5 juta serta piagam penghargaan bagi masing-masing pemenang

Penilaian pada babak final diberikan oleh Kepala BNN, Drs. Petrus Reinhard Golose, dengan didampingi para juri, antara lain Sekretaris Utama BNN, Drs. I Wayan Sukawinaya, M.Si., Inspektur Utama, Drs. Wahyono, M.H., CFrA., Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Drs. Andjar Dewanto, S.H., M.B.A., Deputi Pemberantasan BNN, Drs. Kenedy, S.H., M.M., Kepala Biro Humas dan Protokol, Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K., M.Si., Direktur Hukum BNN, Susanto, S.H., M.H., dan Dr. Bina Ampera Bukit, M.Kes., Direktur PLRIP BNN.

Kepala BNN RI, Drs. Petrus Reinhard Golose, mengumumkan pemenang lomba setelah para peserta bertanding dalam berbalas pantun sesuai dengan rules of game yang diberikan oleh dewan juri serta menyampaikan ucapan selamat kepada peserta lomba berbalas pantun yang tetap semangat berkompetisi dan berprestasi dengan lancar dari tahap pendaftaran sampai ke tahap 6 besar.

“Hasil penilaian dari juri dan saya untuk kategori BNNP/K, Juara III diraih oleh BNNP Riau 2, Juara II diraih oleh BNNP Riau 3, dan Juara I diraih oleh BNNK Palangkaraya. Untuk Juara III kategori umum diraih oleh Relawan BNNP Bali, Juara II diraih oleh Dishub Bogor dan Juara I, yang luar biasa diraih oleh Abah Qory,” ujar Kepala BNN RI.

“Dengan diadakannya grand final lomba pantun ini, diharapkan masyarakat mampu berpartisipasi dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika melalui karya pantun yang peserta ciptakan. Setelah berakhirnya lomba, para peserta tetap melanjutkan menjadi penggiat P4GN dengan mensosialisasikan program ini ke masyarakat luas.,” tambahnya.

Menutup kegiatan ini, Kepala BNN RI membacakan dua bait pantun.

Mengisi pena dengan tinta
Menulis pantun untuk berlomba
Terimakasih kepada para peserta
Menjaga sportifitas dan Anti-Narkoba

Petir menyambar pohon cemara
Saat hujan turun secara tiba-tiba
Selamat kepada para jawara
Membawa amanah melawan Narkoba

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas BNN, Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K., M.Si., menyampaikan apresiasinya kepada para peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan berharap kepada peserta yang belum berkesempatan untuk menjadi juara agar tidak sedih dan berkecil hati.

“Kami berterimakasih kepada seluruh peserta yang hadir, semuanya hebat-hebat. Bagi yang menang tidak boleh sombong dan untuk yang belum menjadi juara jangan berkecil hati dan tetap semangat,” tutupnya.

*Biro Humas dan Protokol BNN RI*