banner 728x250

Bank Indonesia Dorong Pasar Digital SIAP QRIS dan Warung Digital di Bangka Belitung

IMG-20220512-WA0037
IMG-20220512-WA0038
IMG-20220512-WA0039
IMG-20220512-WA0036

PANGKALPINANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersinergi dengan Kementerian Perdagangan RI, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Pemerintah Kota Pangkalpinang meluncurkan program Pasar Digital Sehat Inovatif Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) dan Warung Digital di Kota Pangkalpinang, Kamis (12/5/2022).

Program Pasar SIAP QRIS ditujukan untuk mendigitalisasi sistem pembayaran, khususnya bagi para pedagang pasar dengan memanfaatkan kanal QRIS dalam aktivitas transaksi sehari-hari.

“Upaya digitalisasi ini bertujuan untuk mendorong transaksi non-tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Andal (CEMUMUAH) di masyarakat seiring dengan perkembangan digitalisasi di sektor keuangan yang sangat cepat,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budi Widihartanto dalam keterangan persnya kepada Global-Satu.com, Kamis malam.

Ia menyebutkan, Pasar Rumput merupakan salah satu pasar dengan pedagang yang telah aktif bertransaksi dengan QRIS dan telah menjadi piloting Pasar Digital SIAP QRIS di Bangka Belitung.

“Hal ini merupakan hasil sinergi yang baik antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, dan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) di Wilayah Bangka Belitung,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Kepala Kantor Perwakilan BI Bangka Belitung Budi Widihartanto, Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Naziarto serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro.

Kegiatan ini diawali dengan peresmian Pasar Digital SIAP QRIS di Pasar Rumput, dilanjutkan dengan prosesi transaksi belanja di para pedagang dengan melakukan scan QRIS.

“Digitalisasi Pasar ini diharapkan dapat diperluas ke seluruh pasar tradisional dan pasar modern di Bangka Belitung,” pungkas Budi Widihartanto.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Warung Digital, yaitu Warung Aisyah yang berlokasi di Jalan Raya Pasir Padi Pangkalpinang.

Program Warung Digital merupakan hasil kerjasama Kementerian Perdagangan dan marketplace Tokopedia yang memungkinkan warung tersebut menjual produknya secara on-line di Tokopedia, serta memanfaatkan fitur-fitur lain yang tersedia di Tokopedia.

Warung digital Aisyah juga telah difasilitasi kanal pembayaran melalui QRIS yang memungkinkan pembelian produk oleh masyarakat dilakukan secara non-tunai.

Kegiatan peresmian Pasar Digital SIAP QRIS dan Warung Digital di Pangkalpinang merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Wisata di Indonesia (GBWI), dan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) di Bangka Belitung yang puncaknya akan diselenggarakan pada 20-22 Mei 2022 dengan tema Cahaya Bangka Belitung.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempromosikan produk unggulan UMKM dan sektor pariwisata, serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran di Bangka Belitung. (Bmg)

banner 728x250. banner 728x250.
error: Content is protected !!