banner 728x250
BNN RI  

Canangkan Desa Bersinar, BNNK Pangkalpinang Gelar Bimtek IBM

PANGKALPINANG – Dalam rangka memaksimalkan implementasi program IBM di desa, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Intervensi Berbasis Masyarakat selama tiga hari, Rabu-Jumat (11-13/5/2022) di aula kantor Desa Air Mesu Timur, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah .

Kegiatan Bimtek kali ini merupakan salah satu rangkaian persiapan pencanangan Desa Bersinar yang sebentar lagi bakal terealisasi.

Kepala BNN Kota Pangkalpinang AKBP Noer Wisnanto mengatakan bahwa kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pembina teknis seksi rehabilitasi BNN Kota Pangkalpinang agar dapat memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan membentuk IBM di desa-desa.

Menurutnya, program IBM membutuhkan kerja sama yang kuat antara BNN bersama dengan pemerintah desa, anggota Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, warga masyarakat serta para petugas Agen Pemulihan (AP) yang terjun langsung di masyarakat.

‘Sosialisasi oleh para Agen Pemulihan ini penting untuk memberikan informasi tentang IBM dan kegiatannya dengan tujuan agar masyarakat setempat dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai IBM. Melalui pemetaan ini, para pembina teknis seksi rehabilitasi dapat menjelaskan dan membimbing petugas di BNN Kota Pangkalpinang mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan dan monitoring program,” jelas Noer.

Dengan begitu, dia mengharapkan kepada petugas bisa mendapatkan gambaran dinamika penyalahgunaan narkoba di sebuah desa.

Selanjutnya, hal penting yang harus dilakukan adalah penjangkauan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun hubungan dengan pengguna narkoba, keluarganya, atau masyarakat di sekitarnya serta mendorongnya agar memanfaatkan layanan itu,” pungkas Noer.

Sementara Kepala Desa Air Mesu Timur Hasanudin mengatakan bahwa pihaknya juga terus berupaya dalam pelaksanaan program Desa Bersinar.

“Beberapa upaya terus kami lakukan, dari edukasi ke rumah-rumah, mendata warga pendatang, hingga himbauan kepada para jemaah di masjid-masjid dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba. Harapan Pemerintah Desa dalam mengemban amanah sebagai Desa Bersinar nantinya dapat berjalan dengan lancar dengan adanya deteksi dini dalam mendata warga pendatang,” katanya. (Bmg)

banner 728x250. banner 728x250.
error: Content is protected !!