banner 728x250

LPKA Pangkalpinang Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Pakaian Adat Nusantara

IMG-20220601-WA0031
IMG-20220601-WA0033
IMG-20220601-WA0032

PANGKALPINANG – Pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di ruang aula LPKA Pangkalpinang, Rabu (01/06/2022).

Dalam upacara kali ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan seluruh peserta mengenakan pakaian adat khas dari berbagai wilayah nusantara.

Dalam amanatnya, Presiden mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Hal ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa. Bahwa bangsa dan Negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi Negara kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujar Presiden Joko Widodo.

“Saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaaan dan kenegaraan kita. Tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” ajaknya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

Sementara itu, Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana mengungkapkan peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dengan cara menjaga persatuan dan persaudaraan antar masyarakat seperti bersikap santun, saling menghormati, dan saling toleran.

Melalui tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia, Nanang mengajak seluruh pegawai LPKA Kelas II Pangkalpinang untuk senantiasa memiliki semangat kerja yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila serta benar-benar memegang teguh integritas pegawai. (Bmg)


Anda juga dapat menonton video youtube kami 
di chaenal KLIK-----> Youtube Global Satu 
error: Content is protected !!