banner 728x250

Akibat Curah Hujan Deras, Sejumlah Daerah Terjadi Longsor di Daerah Pegunungan Bantaeng

IMG-20221014-WA0045
IMG-20221014-WA0042
IMG-20221014-WA0044
IMG-20221014-WA0046

BANTAENG – Hujan lebat yang mengguyur wilayah pegunungan khususnya disekitar Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng mengakibatkan terjadinya tanah longsor pada sejumlah titik, Jumat tanggal 14 Oktober 2022, sekitar pukul 14.30 WITA

Adapun titik tanah Longsor terjadi di Dusun Bangkeng Bonto, Untuk wilayah tersebut tanah longsor ke arah jalan dan menutupi jalan poros ± 20 m (Dua Puluh Meter).

Titik lainnya di Dusun Bungung Barua (Depan Polsek Uluere) terjadi pengikisan terhadap saluran irigasi / selokan sepanjang ± 10 m (Sepuluh Meter).

Dusun Buakang Paliang (jalan masuk obyek wisata pinus rombeng), tanah longsor ke arah jalan dan menutupi jalan poros ± 20 m (Dua Puluh Meter).

Sementara di Dusun Gunung Loka (sekitar obyek wisata ruang bernafas), tanah longsor ke arah jalan dan menutupi jalan poros ± 10 m (sepuluh Meter).

“Dampak dari tanah longsor tersebut terjadi kemacetan selama 2 (dua) jam di dusun Bangkeng Bonto, dimana jalan tersebut merupakan jalan utama dan penghubung antara desa Bonto Marannu dengan desa Lojong,” kata Aiptu Syamsuddin Latif (Kasi Humas Polres Bantaeng)

Dia menambahkan akibat tanah longsor yang terjadi pada empat titik tersebut tidak terdapat korban Jiwa.

Dengan kejadian tersebut, Sekitar pukul 16.00 WITA, Personil Polsek Uluere di pimpin langsung oleh Kapolsek Uluere Ipda Muhammad Ali S. Sos, Bersama dengan Personil dari Badan Penanggulan Bencana (BPBD) Kabupaten Bantaeng dan personil Damkar Kabupaten Bantaeng serta dibantu warga setempat melakukan pembersihan material tanah longsor tersebut.

“Giat pembersihan material tanah longsor di Dusun Bangkeng Bonto selesai sekitar pukul 18.00 WITA dan jalan penghubung Desa Bonto Lojong dan Desa Bonto Marannu sudah dapat dilalui kendaraan baik oleh roda dua maupun roda empat,” ungkap Ipda Muhammad Ali.

“Dari kejadian Tersebut Alhamdulillah Tidak ada Korban,” tambahnya .

Menurut Kapolsek, Bahwa dari hasil koordinasi dengan pihak Dinas PUPR, Dijelaskan jalan yang terkikis akibat tanah longsor akan segera mulai di perbaiki yakni rencananya pada hari Sabtu 15 Oktober 2022.

Pada kesempatan memantau penanganan tanah longsor, Kapolsek juga mengatakan bahwa pihaknya membantu dan memberikan himbauan warga agar dapat mencegah banjir dengan menjaga kelestarian lingkungan. ( Taufik Akbar )

error: Content is protected !!