banner 728x250

Aparat Gabungan TNI POLRI Kab Bantaeng Sidak Rutan Klas IIB Bantaeng

IMG-20221016-WA0012
IMG-20221016-WA0013
IMG-20221016-WA0014
IMG-20221016-WA0015
IMG-20221016-WA0016

BANTAENG – Aparat Petugas Gabungan Rutan Klas IIB Bantaeng bersama Anggota Polres Bantaeng dan Kodim 1410/Btg melaksanakan Razia Bersama dalam rangka penggeledahan dan pemeriksaan terhadap narapidana sebanyak 173 Napi yang terdiri dari 3 Blok dan 1 Blok Napi Wanita hunian Warga Binaan Pemasyarakatan. Sabtu (15/10) malam.

Razia Bersama tersebut berdasarkan Surat dari Kepala Rutan kelas IIB Bantaeng Nomor : W23.PAS.19.UM.05.06-173, tanggal 14 Oktober 2022 perihal Permohonan bantuan sidak / razia gabungan dan Surat perintah Kapolres Bantaeng Nomor : Sprin / 945 / X / OPS.4.5. / 2022 tanggal 14 Oktober 2022, perihal pelaksanaan Tugas pengamanan, pengaturan lalu lintas dan pengawalan pada kegiatan sidak / razia bersama di Rutan Kelas IIB Bantaeng.

Razia dilaksanakan secara insidentil malam hari. Hal tersebut bertujuan agar razia membuahkan hasil maksimal.

Kegiatan diawali dengan brieffing yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Aswar Anas.

Operasi gabungan yang dimulai pukul 21.00 WITA tersebut menyasar seluruh kamar dan lingkungan blok hunian WBP. Personil Gabungan terdiri dari seluruh Petugas Rutan Klas IIB Bantaeng, aparat Kepolisian Resor Bantaeng dan aparat Kodim Bantaeng.

Petugas dibagi menjadi beberapa tim. Hal demikian bertujuan untuk mempercepat proses penggeledahan, dan meminimalisir kesiapan WBP.

Kepala Rutan Klas IIB Bantaeng Ince Muh Rizal SH, M.Si melalui Kepala satuan Pengamanan Rutan Amri, Amd.P, S.H., M.H. mengatakan malam ini kita melaksanakan operasi gabungan bersama anggota Polres Bantaeng dan Kodim Bantaeng.

Dia menuturkan operasi gabungan tersebut dalam rangka menjaga gangguan keamanan dan ketertiban, salah satunya diantaranya deteksi dini.

“Alhamdulillah pelaksanaan pada malam ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama semua pihak,” ucap Amri.

Selama proses penggeledahan, tidak menemukan benda-benda yang terlarang.

“Kami tidak menemukan benda-benda yang dianggap rawan semisal Senjata tajam dan kami tidak menemukan handphone dan narkoba,” kata Amri.

Koramil 1410-01 Kapt Sultan mengapresiasi kegiatan operasi gabungan yang melibatkan personil Polres Bantaeng dan Anggota Rutan Klas IIB Bantaeng.

“Tiada lain untuk mencegah hal yang tidak kita tidak inginkan antara lain adanya narapidana yang memiliki sajam, untuk mencegahnya karena banyak pengalaman bahwa biasanya ada narkoba kemudian senjata tajam dan lainnya,” ujarnya.

Dia berharap dengan operasi gabungan ini bisa membantu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, kata Sultan.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Bantaeng AKP Rudi SE mengakui kehadirannya di rutan klas IIB ini pada dasarnya untuk membantu pihak rutan guna menciptakan situasi rutan yang tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan.

Dia berharap dengan adanya razia gabungan TNI Polri bersama pihak Rutan untuk bisa menjaga keamanan, khususnya di Rutan Klas IIB Bantaeng, harap Rudi.

Seluruh kegiatan berakhir pada pukul 22.45 WITA dengan lancar dan aman.

Hadir dalam operasi gabungan diantaranya Ince Muh. Rizal, SH., M.Si. (Kepala Lapas kelas II B Bantaeng), Kompol Aswar Anas, S.Sos. (Kabag Ops Polres Bantaeng), AKP Rudi, SE (Kasat Reskrim Polres Bantaeng), Kapten. Inf. Sultan ( Danramil 01 Bissappu Kodim 1410 / Btg ), Iptu Agfar AS ( Kasi Propam Polres Bantaeng ), Iptu Muhammad Amir, SH ( Paur Bekkal Polres Bantaeng ), Ipda Herman Pakiding, S.Sos ( Ka SPKT Polres Bantaeng ), Ipda H. Abdul Karim, S.Sos ( KBO Sat Narkoba Res Bantaeng ), Ipda Sahabuddin, S.Sos. ( Kanit Pidum Sat Reskrim Res Bantaeng ), Letda. Inf. Harfil ( Dan Unit Intel Kodim 1410 / Btg ).
(Taufik Akbar)

error: Content is protected !!