banner 728x250

Kapolda Irjen Yan Sebut Babel Langganan Angin Puting Beliung dan Banjir Rob

PANGKALPINANG – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya memprediksikan bahwa Negeri Serumpun Sebalai ini kerap kali menjadi daerah yang dilanda bencana alam seperti angin puting beliung dan banjir Rob.

Hal ini diungkapkan Kapolda kepada wartawan di Mako Sat Brimob Polda Babel, Kamis (27/10/2022).

“Karena kita terus berkoordinasi terutama dengan BMKG, Bangka Belitung yang sering terjadi saat ini adalah puting beliung dan juga bencana banjir,” ungkapnya.

Menurut Kapolda, banjir rob dan angin puting beliung menjadi salah satu ancaman bencana yang kerap menerjang wilayah ini.

“Kemudian banjir-banjir rob terutama yang ada di pinggir-pinggir pantai. Sekarang upaya-upaya pemerintah sekarang sudah mulai dibuat talud-talud di pantai saya lihat sudah mulai jalan sehingga untuk mengantisipasi,” terangnya.

Irjen Pol Yan Sultra mengaku bahwa pihaknya sudah berupaya untuk mengantisipasi kebencanaan dengan siap siaga.

“Kita sudah punya peta atau maping kira-kira daerah mana yang sering terjadi bencana alam. Kan kita sudah tahu Pangkalpinang, Bangka Tengah dan Bangka itu yang biasa puting beliung,” sebutnya.

Maka dari itu, Kapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan juga siap siaga dengan melakukan apel kesiapsiagaan dan simulasi mengatasi bencana bilamana terjadi.

“Ketika terjadi, apa yang harus dilakukan, kemana arah evakuasinya itu yang kita himbau kepada masyarakat. Wilayah kita kalau sudah mulai hujan terus menerus apa yang harus kita persiapkan karena masuk bulan November inikan mungkin dari BMKG bahwa cuaca ini akan terus sampai Februari atau Januari 2023,” pungkasnya. (Bmg)

error: Content is protected !!