banner 728x250

Ridwan Kamil Hadir dalam Acara Pesta Adat Riksa Budaya Warisan Leluhur

IMG-20221026-WA0003
IMG-20221026-WA0002
IMG-20221026-WA0001

KOTA BEKASI – Tri Adhianto Plt. Wali Kota Bekasi sambut kedatangan Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat di acara Pesta Adat Riksa Budaya Kranggan Kecamatan Jatisampurna, Selasa (25/10).

Kehadiran orang nomor satu di Jawa Barat disambut hangat oleh Plt. Wali Kota Bekasi dan segenap tokoh masyarakat juga warga Jatisampurna.

Meski acara tersebut diguyur hujan deras, akan tetapi tidak menyurutkan semangat Gubernur Jabar untuk hadir diacara. Pesta Budaya Adat Kampung Kranggan tersebut.

Riksa Budaya adat kampung Kranggan Jatisampurna tersebut bertemakan saling tulungan, suatu sikap yang ditetapkan menjadi budaya warga setempat, untuk dapat saling menolong satu sama lain, Abah Kolot Kisan selaku orang yang dituakan dikampung kranggan menyampaikan, Kranggan merupakan kampung yang masih menjaga warisan budaya leluhur.

“Saya selaku orang yang dituakan di Kampung Kranggan mengemban amanah untuk dapat menjaga budaya warisan leluhur, ada babaritan yaitu sedekah bumi, dan penerapan prinsip silih asah silih asih silih asuh,” ungkap kolot kisan.

Ridwan Kamil Selaku orang nomor satu di Jawa Barat mengucapkan terimakasih atas sambutan warga kampung kranggan, selain itu beliau juga menyampaikan budaya merupakan identitas insan dalam suatu bangsa.

“Terimakasih atas sambutan warga kranggan, saya sangat terharu, budaya memang merupakan identitas suatu bangsa, dengan bekerja hidup kita jadi berfaedah, dan dengan berbudaya hidup kita menjadi lebih indah,” ungkap Ridwan Kamil.

Usai penyambutan, Tri Adhianto dan Ridwan Kamil diajak untuk meninjau pembuatan dodol kranggan dan tumbuk lesung, yang kemudian diarahkan ke panggung pentas seni.

Dalam kesempatan ini Tri Adhianto juga turut menyampaikan sambutan, mengatakan. Kampung Kranggan memang sudah dijadikan cagar budaya, banyak cagar-cagar budaya yang telah dibuat Surat Keputusannya, dan telah dilakukan pemugaran dan perawatan.

“Kampung Kranggan memang telah ditetapkan menjadi daerah cagar budaya, banyak situs-situs sejarah peninggalan leluhur yang mesti dijaga dan dirawat, sudah ada SK nya dan dilakukan juga pemugaran, salah antara lain rumah panggung adat kranggan, pemugaran tujuh mata air,” ungkap Tri Adhianto.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama Gubernur Jabar, Plt. Wali Kota Bekasi dan tokoh masyarakat warga kampung kranggan. (Wan/Fathir uung)

error: Content is protected !!