banner 728x250. banner 728x250.

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Bersama Warga Perbatasan Karya Bakti Perbaikan Jalan JIPP

IMG-20221007-WA0031
IMG-20221007-WA0029
IMG-20221007-WA0032
IMG-20221007-WA0030
banner 728x250. banner 728x250.

SAMBAS, KALBAR – Dalam rangka menunjang tugas pokok di bidang teritorial Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gty dipimpin Danpos temajuk Letda Inf K. Ginting beserta 6 (enam) orang anggota bersama warga masyarakat diperbatasan secara bahu membahu melaksanakan perbaikan jalan JIPP batas Indonesia- Malaysia yang rusak, Di Dusun Sepadan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Gabma Entikong Kec. Entikong Kab. Sanggau, Jumat, 7 Oktober 2022.

“Dengan melihat banyaknya jalan yang rusak/berlobang yang mengakibatkan terhambatnya mobilitas warga temajuk, maka dari itu Satgas Pamtas kami berkoordinasi dengan Plt Kepala desa temajuk untuk menimbun dan meratakan jalan-jalan di sekitaran desa temajuk, ” jelasnya.

Dansatgas mengatakan, bahwa kegiatan karya bakti tersebut dilaksanakan bertujuan agar jalan-jalan yang dilewati oleh masyarakat disini aman terhadap pengendara bermotor sehingga menjadi nyaman untuk dilewati. “Yang paling penting bisa menjadikan budaya hidup bergotong royong dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” ujar dansatgas.

Dikatakan Dansatgas, Selain Tugas Pokok Satgas Pamtas Mengamankan Wilayah Perbatasan, Menjaga Pilar Batas Negara Serta Mencegah Masuknya Barang-Barang Illegal, Satgas Pamtas juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) mengatasi kesulitan rakyat khususnya kepada warga masyarakat perbatasan Kalbar sektor barat RI-MLY, serta menjalankan perintah arahan dari Bapak Kasad Jendral TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang tertuang dalam Perintah Harian KASAD poin 5 yaitu “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi,” ungkap Dansatgas.

“Pembinaan teritorial karya bakti ini yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Kepada masyarakat atau warga diperbatasan dengan tujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara prajurit TNI dengan komponen masyarakat wilayah perbatasan sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat terbina dengan baik. imbuhnya
Dengan bantuan 6 (enam) orang personil pos temajuk dipimpin Letda Inf K. Ginting bersama warga masyarakat Dusun Sepadan, Desa Temajuk dengan penuh semangat gotong royong warga dan TNI bersama-sama memperbaiki jalan tersebut, sehingga penimbunan jalan bisa cepat selesai dan maksimal,” tutup Dansatgas.
(Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)