banner 728x250

Satgas Yonif Raider 600 Modang Laksanakan Upacara HUT Ke-77 TNI di Mako Polres Asmat

ASMAT – Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu memimpin upacara peringatan HUT Ke-77 Tentara Nasional Indonesia di halaman Mako Polres Asmat, Rabu (05/10/2022). Sebagai Komandan Upacara adalah Wadan Satgas Yonif Raider 600/Mo Mayor Inf Ganda Samosir.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-77 TNI ini dilaksanakan secara serentak di seluruh tanah air. Untuk di Kabupaten Asmat dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIT berdasarkan waktu yang ditentukan dan diikuti oleh Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, Pabung Kodim 1707 Merauke di Agats Mayor Arm Gordon, Danramil Agats, Kapten Inf Ronny K. Retraubun, Kapolsek Agats Iptu Seke, jajaran TNI-Polri serta sejumlah utusan baik dari ASN maupun pelajar SMA dan SMP di sekitar Kota Agats.

Peringatan HUT Ke-77 TNI tahun ini dalam tema “TNI Adalah Kita”. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan oleh Bupati Asmat Elisa Kambu, menghimbau agar TNI dalam hal ini para Prajurit mampun PNS TNI supaya menjalankan tugas dan fungsinya senantiasa berpedoman pada amanah konstitusi sehingga setiap ucapan dan tindakannya harus terukur dan sejalan dengan apa yang dipedomani.

“Saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokoknya,” tandas Bupati Asmat membaca amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sebelumnya, dibacakan Elisa dalam amanat Panglima TNI itu dikatakan bahwa institusi dengan tiga matra; Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara ini dalam presentasi hasil dari beberapa lembaga survei mendapat kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat baik dari segi kepercayaan terhadap lembaga hukum maupun tingkat kepuasan akan kinerja. Hal ini membuktikan bahwa sampai saat ini TNI masih solid menjaga kredibilitas dan integritas institusinya.

Berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya; Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 %. Sedangkan Hasil Survei tingkat masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93,5%,” kata Panglima Jenderal Andika Perkasa sebagimana yang dibacakan Bupati Elisa.

Pada kesempatan yang sama, dalam konferensi pers usai pelaksanaan upacara, dikatakan Bupati dua periode ini bahwa di momen HUT Ke-77 TNI ini mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Asmat mengucapkan Dirgahayu sekaligus mengucapkan limpah terima kasih atas dedikasi serta kerjasama yang baik antara TNI dan Pemerintah Kabupaten Asmat selama ini sehingga hingga saat ini Asmat masih tetap aman dan damai. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Asmat dan seluruh masyarakat Kabupaten Asmat, kami ingin ucapkan Dirgahayu Ke-77 hari Tentara Nasional Indonesia,” tutur Elisa.

Ditambahkannya, dirinya merasa optimis dan senantiasa percaya bahwasanya masyarakat di Asmat sampai saat ini masih terus memegang teguh kedaulatan sehingga tetap membuka diri untuk berkolaborasi dengan TNI-Polri maupun unsur lainnya dalam menjaga dan memelihara bangsa ini. Ia menyebut, hal tersebut merupakan kekuatan utama yang harus ditingkatkan agar negara ini terus maju oleh karena pembangunan yang terus berjalan seiring waktu dan zaman.

“Saya percaya bahwa semua itu adalah kolaborasi yang kuat antara rakyat dan TNI, Kepolisian dan pemangku kepentingan lain bangsa ini. Kita telah bersinergi bersama-sama, berjuang untuk mempertahankan negara kita, berjuang untuk membangun bangsa kita sampai dengan hari ini,” ungkap Bupati Asmat.

“Sekali lagi untuk Prajurit TNI yang bertugas di Asmat, terima kasih untuk semua yang telah dipersembahkan, semua yang telah dilakukan selama ada di sini. Mati kita terus berjuang karena pekerjaan kita belum selesai. Tugas kita terus berlanjut. Manusia boleh berganti, satuan boleh berganti, tapi tugas kita sama-sama menjaga bangsa ini tetap kita laksanakan selama bangsa ini ada,” tambahnya dalam ajakan terhadap semua Prajurit TNI yang saat ini bertugas di Asmat.

Upacara peringatan HUT Ke-77 TNI tahun 2022 di Asmat ini dilaksanakan dalam suasana hikmat atas inisiasi Satgas Yonif Raider 600/Modang-Pos Agats di bawah koordinator Wadan Satgas Mayor Inf Ganda Samosir yang sekaligus bertindak sebagai komandan upacara pada hari ini.

Autentikasi : Pen Yonif Raider 600/Modang

error: Content is protected !!