banner 728x250

SMP Negeri 1 Bissappu Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sekaligus Penyerahan Baju Seragam Sekolah

BANTAENG – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 1) Bissappu menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H sekaligus pemberian baju seragam sekolah dihalaman sekolah, Rabu (26/10/22).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Drs. Muhammad Haris, Camat Bissappu A. Habibi, Kapolsek Bissappu Iptu Amiruddin, Danramil 1410/01 Bissappu Kap Inf Sultan Lurah Bonto Manai Ridwan, Kepala Sekolah Mappasabbi S.Ag.,MA. Pengawas, Pembina, Ketua Komite, dewan guru, siswa, serta orang tua wali siswa.

Acara ini terlaksana atas kolaborasi harmonis antara ketua P2S SMP Negeri 1 Bissappu (AR.) Dewan Guru, Osis Spenbis dan peran orang tua siswa yang disahkan oleh kepala sekolah melalui rapat.

Peringatan Maulid ditandai dengan penyerahan bantuan seragam sekolah yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Muhammad Haris kepada siswa dan didampingi oleh orang tua siswa.

Kepala sekolah SMPN 1 Bissappu, Mappasabbi mengungkapkan, animo dari orang tua siswa, bahkan siswa sendiri itu ditandai dengan persentase jumlah peserta didik setiap tahunnya meningkat.

“Bantuan ini sangat membantu dari pihak sekolah, karena tidak repot lagi untuk mengkampanyekan untuk Harus Sekolah, ini merupakan pemantik untuk bersekolah,” ungkapnya.

“Program ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan bisa meringankan beban orang tua dari segi perekonomian,” tambah Mappasabbi.

Dia berharap dengan bantuan ini tidak ada lagi alasan untuk tidak bersekolah dan tidak ada lagi putus sekolah padahal dia mendapatkan bantuan ini dari Bapak Bupati Bantaeng.

“Mudah-mudahan ke depan jumlah usia sekolah yang bersekolah sebagai tidak ada lagi halangan untuk tidak bersekolah,” harapnya.

Menurutnya, bantuan seragam sekolah Gratis ini bukan hanya bagi siswa Kabupaten Bantaeng, tetapi terdapat beberapa siswa dari kab jeneponto yang ikut belajar di sekolah ini. Artinya bahwa Bantuan dari Bupati Bantaeng tidak terbatasi secara wilayah administrasi daerah.

Mappasabbi menyebut jumlah siswa yang mendapatkan baju seragam sekolah gratis pada tahun ini gelombang pertama sebanyak 180 paket dan alhamdulillah tahun ini kami sebar 180 paket itu bisa terakomodasi siswa kelas 7.

“Kami distribusikan bagi siswa yang anggap agak mampu kami akan kurangi paketnya untuk gelombang pertama karena ada beberapa peserta didik yang sangat membutuhkan itu yang kami akan tuntaskan,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Muhammad Haris dihadapan awak media menjelaskan bahwa program pembagian baju seragam sekolah gratis ini sudah memasuki tahun keempat dan terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah selama ini tidak ada kendala yang berarti, kalaupun ada kami upayakan untuk meningkatkan komunikasi dengan unsur terkait, antara lain kelompok menjahit, orang tua siswa, kepala sekolah, ada P2S Panitia Panitia Pada Satuan Pendidikan sebagai penanggung jawab,” ucap Haris.

Dalam kesempatan itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan ini menyampaikan pesan dari Bupati Bantaeng DR Ilhamsyah Azikin. Dia mengatakan Bantuan ini semoga bermanfaat untuk anak kita bagi orang tua bisa meringankan beban dari segi ekonomi mudah-mudahan dengan bantuan ini tidak ada lagi alasan untuk tidak sekolah padahal sudah mendapatkan bantuan dari Bapak Bupati Bantaeng.

“Harapan kita kedepannya jumlah usia sekolah yang bersekolah semakin bertambah dan tidak ada lagi anak-anak yang tidak bersekolah mulai TK,SD dan SMP, tutup Muhammad Haris,” harap Muhammad Haris menutup keterangannya.

Ceramah singkat yang dibawakan oleh ustadz Asri Ifan S.PdI M.Pd mengatakan
Ungkapan yang berbunyi bahwa ‘ridho Allah bergantung dari ridho orang tua mungkin terdengar tidak asing bagi sebagian umat muslim. Ternyata, ungkapan ini memang benar adanya.

Ungkapan tersebut terdapat dari hadits yang berbunyi, ridhallahi fi ridhal walidain wa sukhtullah fi shukhtil walidain

“Ridho Allah SWT bergantung dari ridho kedua orang tua dan kemurkaan Allah SWT bergantung dari kemurkaan orang tua,” ucap Asri Ifan.

Makna orang tua menurut Asri ifan bukan hanya kedua orang tua kandung, tetapi guru juga merupakan orang tua yang senantiasa nemotivasi dan membimbing siswa menjadi anak yang berilmu dan berakhlak seperti yang telah dicontohkan Rasulullah.

Dia juga mengapresiasi Bupati Bantaeng dengan adanya Sabtu bakat. Dengan mengajarkan ilmu agama kepada siswa.

error: Content is protected !!