banner 728x250. banner 728x250.
News  

Tingkatkan Capacity Building, Bank Indonesia Boyong Puluhan Wartawan Ikuti Forum Komunikasi Media

IMG-20221021-WA0040
IMG-20221021-WA0042
IMG-20221021-WA0041
banner 728x250. banner 728x250.

*Agus Taufik: Bank Indonesia Juga Instrumen Kebijakan Moneter

JAKARTA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak puluhan wartawan untuk mengikuti kegiatan Forum Komunikasi Media – Capacity Building Wartawan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2022 di ruangan Lantai 3 Meeting Room Esquire Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Puluhan awak media ini diboyong untuk meningkatkan sinergi, koordinasi, dan kompetensi wartawan media di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta mendukung komunikasi kebijakan Bank Indonesia.

“Alhamdulillah, pagi ini (Jumat pagi-red) kita dapat melaksanakan acara Forum Komunikasi Media dalam rangka Capacity Building Wartawan di wilayah Bangka Belitung,” ucap Plt. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Taufik dalam sambutannya secara daring mengawali kegiatan ini.

Ia mengatakan Bank Indonesia berkomitmen untuk selalu menjaga kestabilan nilai Rupiah dengan menghindari tingkat inflasi yang stabil.

“Setiap bulan, Bank Indonesia dalam rapat Dewan Gubernur menetapkan suku bunga kebijakan. Bank Indonesia juga instrumen kebijakan moneter dalam mencapai stabilitas yang terkendali,” terangnya.

Menurut Agus Taufik, Bank Indonesia dengan berbagai jalur untuk mencapai stabilitas nilai Rupiah seperti suku bunga dan mengoptimalkan intermediasi kredit, nilai tukar dan jalur ekspektasi.

Seiring dengan ketidakpastian global dan efektif, tambah Agus, sangat berperan penting dalam melangsungkan efektifitas kebijakan Bank Indonesia.

“Komunikasi Bank Sentral juga berperan dalam penguatan transparansi dan akuntabilitas Bank Indonesia melalui penyebarluasan informasi masyarakat terkait kebijakan Bank Indonesia kemudian juga kebijakan sistem pembayaran,” pungkasnya. (Bmg)