banner 728x250

Satgas TMMD ke -115 Kodim 0901/Smd Bersama Dinkes Gelar Sosialisasi Pos Bindu

IMG-20221103-WA0028
IMG-20221103-WA0027
IMG-20221103-WA0026
IMG-20221103-WA0029

SAMARINDA – Satuan tugas ( Satgas) TMMD ke – 115 Kodim 0901/Smd adakan kegiatan non fisik dengan memberikan penyuluhan Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Samarinda melalui Puskesmas Palaran, mensosialisasikan pentingnya adanya Pos Binaan Terpadu (Pos Bindu) di tengah masyarakat yang difokuskan pada penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan ini berlangsung di Posyandu Sri Rejeki Gg Amanah Jl Mulawarman RT 15 , Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran pada Rabu (02/11/22).

Pos Bindu PTM ini merupakan upaya dalam mengontrol kesehatan dari berbagai penyakit atau deteksi dini dari resiko PTM .

Pemateri Erliani yang berasal dari Dinas Kesehatan saat di konfirmasi melalui telpon menjelaskan selama ini yang menjadi perhatian hanya anak-anak di usia Balita saja dengan dilaksanakannya kegiatan posyandu, namun berbeda halnya dengan Pos Bindu ini sasarannya adalah usia produktif yang di mulai dari usia 15 – 59 tahun.

Pos Bindu ini memiliki tujuan mengarahkan masyarakat agar sadar bahwasannya kesehatan itu sangatlah penting.

“Warga atau Masyarakat dapat mendatangi Pos Bindu-PTM dapat memeriksakan kesehatannya secara rutin atau berkala, misalnya seperti Cek Gula Darah, Tensi darah dan ada juga periksa IVA yakni deteksi kanker serviks bagi perempuan yang sudah menikah ,” jelasnya.

Selain itu di sela-sela di lakukan pula melatih keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri dengan melakukan gerakan-gerakan.

“Kadang otak kita kebanyakan hanya menggunakan otak kanan atau kiri saja, sehingga dengan senam otak ini dapat kembali memfungsikan keduanya salah satu nya dengan gerakan tangan dan lainnya,” ucapnya.

Pelda Tataq Rinto. S selaku satgas TMMD yang turut serta mendampingi kegiatan turut berharap agar keberadaan Pos Bindu berada di setiap kecamatan, sehingga mampu meminimalisir masyarakat yang terkena penyakit.

“Saya sangat mengharapkan agar Pos Bindu ini ada di setiap Kecamatan, sehingga masyarakat bisa secara rutin memeriksakan kondisi kesehatannya mengingat jaraknya dapat di jangkau oleh masyarakat,” harapnya.  (Nunung)

error: Content is protected !!