banner 728x250. banner 728x250.
News  

Ini Dia Rangkaian HJB ke-768 Bantaeng, ada Pesta Kembang Api dan Artis Ibu Kota

IMG-20221202-WA0010
IMG-20221202-WA0008
IMG-20221202-WA0009
banner 728x250. banner 728x250.

BANTAENG – Hari Jadi ke-768 Kabupaten Bantaeng sisa menghitung hari. Sejumlah rangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari Jadi Bantaeng ke-768 ini sudah mulai di laksanakan.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-768 Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan hari jadi ini sudah mulai digelar, Jumat, 2 Desember 2022. Rangkaian pertama adalah Bhontain Expo yang digelar di Balai Kartini, Bantaeng, Jumat 2 Desember 2022.

Bhontain Expo ini adalah kegiatan pameran yang melibatkan sejumlah UMKM, pelaku usaha, perbankan dan perangkat daerah. UKM yang ikut dalam Bhontain Expo ini adalah usaha kecil yang berkembang berkat intervensi pemerintah daerah.

Informasi yang dihimpun, dari catatan panitia ada 10 rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan hari jadi Bantaeng. Selain Bhontain Expo, juga ada kegiatan Bantaeng Bike 100 kilometer dan Bantaeng Run 10 Km.

“Ini rangkaian kegiatannya di mulai hari ini. Besok itu sudah mulai Bantaeng Bike,” jelas dr Andi Ihsan.

Dia menambahkan, puncak hari jadi Bantaeng akan digelar dengan rapat paripurna DPRD secara terbuka di Lapangan Pantai Seruni. Selanjutnya, juga akan digelar peletakan batu pertama beberapa proyek raksasa di Kabupaten Bantaeng.

Pada malam harinya, akan digelar malam ramah tamah di Lapangan Hitam. Malam ramah tamah ini dimeriahkan artis ibu kota salah satunya adalah, Mario G Klau. Selain itu, ada pula pesta kembang api.

“Ada pesta kembang api juga. Rencananya, di pesisir pantai Seruni, Bantaeng,” jelas dia.

Andi Ihsan mengatakan, pesta kembang api ini dirancang menjadi pesta kembang api spektakuler di Bantaeng. Dia menyebut, durasi pesta kembang api ini diperkirakan selama 12 menit dengan 1.258 shoot kembang api.

“Kembang api ini meriahnya setara dengan kembang api pada event F8 di Makassar,” jelas dia.

UMKM Berdaya

Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bantaeng dimeriahkan dengan kegiatan Bhontain Expo yang digelar di Balai Kartini Bantaeng, Jumat, 2 Desember 2022. Ratusan UMKM di Bantaeng membangun stand di kegiatan ini. Mereka di antaranya adalah penerima bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.

Pelaksana kegiatan, Arfan Doktrin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan, untuk memperlihatkan kepada publik tentang potensi UMKM yang ada di Bantaeng. Dia juga mengaku, kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan potensi pelayanan yang ada di Pemkab Bantaeng.

“Saya melihat sudah ada pelayanan yang mulai digitalisasi. Mulai dari pengurusan Visa, hingga mengurus KTP di desa,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, kegiatan Bhontain Expo ini lahir dari inisiasi dari forum pemerhati pariwisata. Dia berharap, potensi-potensi yang ada di desa bisa dioptimalkan.

“Banyak potensi yang ada di sekitar kita. Banyak hal-hal hebat yang kalau kita keroyok sama-sama, dia akan lebih baik ke depan,” ucapnya.

Dia juga berharap agar Bhontain Expo tidak sekedar memperlihatkan potensi yang ada. Menurutnya, kelebihan yang ada di setiap orang atau organisasi hendaknya bisa bermanfaat untuk banyak orang.

“Kebaikan yang kita punya itu hendaknya berdampak untuk kebaikan orng lain,” kata dia.

Undangan untuk Gubernur

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin bersama jajarannya menemui Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (1/12). Kunjungan tersebut bermaksud mengundang orang nomor satu di Sulawesi Selatan itu dalam Hari Jadi Bantaeng ke-768 pada 7 Desember 2022 mendatang.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan, Direktur RSUD Prof Anwar Makkatutu, dr Sultan, Kepala Dinas Kominfo, Subhan, Kepala Bappeda, Dimiati Nongpa, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Iwan Setiawan dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Armansyah.

Setelah menyerahkan undangan, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin bercerita tentang Perbub yang dibuatnya yang mengatur tentang jam operasional minimarket yang ada di Kabupaten Bantaeng. Kebijakan ini telah berjalan beberapa bulan terakhir. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan UMKM yang ada di Bantaeng.

“Kebijakan ini kita lakukan untuk meningkatkan daya beli produk – produk lokal di Kabupaten Bantaeng,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik kebijakan tersebut. Dia akan melakukan telaah pada kebijakan tersebut untuk penerapan pada wilayah yang lebih luas di Sulawesi Selatan.

“Saya kalau ada yang kreatif seperti ini kita langsung contek. Itumi yang bagus, kalau ada yang bagus (inovasi) bawami kesini,” kata dia.

Setelah bincang-bincang seputar kebijakan dan kondisi daerah Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan siap hadir dalam Hari Jadi Bantaeng ke 768 tanggal 7 Desember 2022 mendatang.(*)

GRAFIS RANGKAIAN HARI JADI BANTAENG

– Turnamen Sepakbola Legend
6 Desember 2022
Tempat : Lapangan Lompobattang

– Bhontain Expo
1 sampai 3 Desember 2022
Tempat : Balai Kartini

– Bantaeng Bike
3 Desember 2022 (Pukul : 06.00 WITA – selesai)
Start/Finish : Lapangan Lompobattang

– Bantaeng Run 10 K
4 Desember 2022
Start/Finish: Lapangan Lompobattang

– Festival Kaloli
4 Desember 2022
Tempat: Lapangan Lompobattang

– Lomba Menyanyi Solo Kepala Desa/Lurah
4 Desember 2022 (Pukul: 14.00 WITA – Selesai)
Tempat : Gedung Perikanan Pantai Seruni

– Lomba Menyanyi Solo (Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat)
5 Desember 2022 (Pukul : 09.00 WITA – Selesai)
Tempat : Balai Kartini

– Tabligh Akbar Ustad Das’ad Latief
6 Desember 2022 (Pukul : 10.00 WITA)
Tempat: Mesjid Syech Abdul Gani

– Acara Puncak Hari Jadi Bantaeng (Sidang paripurna)
7 Desember 2022 (Pukul 08.00 – Selesai)
Tempat: Lapangan Seruni

– Malam ramah tamah, Konser Musik dan Pesta Kembang Api
7 Desember 2022 (Pukul : 19.00 WITA)
Tempat: Lapangan Hitam

– Gerak Jalan Santai HJB 768 dan Anti Mager Pemprov Sulsel
8 Desember 2022 (Pukul : 06.00 WITA)
Start/Finish: Lapangan Lompobattang

(Taufik Akbar)