banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.
News  

Panwascam Darul Ihsan Sukses Lantik 16 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD)

IMG-20230206-WA0002
IMG-20230206-WA0001
IMG-20230206-WA0000
banner 728x250. banner 728x250.

ACEH TIMUR– Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Darul Ihsan Lantik 16 Anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Terpilih Se-Kecamatan Darul Ihsan yang berlangsung di Aula Kantor Camat Darul Ihsan, minggu, (5/2/2023).

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Darul Ihsan M. Ikbal Farabi bersama awak media menjelaskan bahwa ada 16 anggota yang lulus tes PKD di setiap Desa, yang terdiri dari 11 perempuan dan 5 laki-laki.

“Berikut nama-nama yang terpilih dan kita lantik hari ini berdasarkan pengumuman pada 04 Februari 2023 yaitu :

1. Desi Susanti Sebagai PKD
Alue Jangat.
2. Wahyuni Sebagai PKD
Buket Peulawi.
3. Nur hajidah Sebagai
PKD Gunong Putoh.
4. Syahir Sebagai PKD Keude Dua
5. Linda Yanti Sebagai PKD
Lhok Dalam
6. Mursalisna PKD Lhok Leumak
7. Ajrina Sebagai PKD
Lhok Meureu
8. Nur Azizah Sebagai PKD
Lhok Panjoe
9. Hamdani Sebagai PKD
Meudang Ara.
10. Murhaban Sebagai PKD
Meunasah Aroen.
11. Rosna Sebagai PKD
Panton Merbo.
12. Mauli Nanda, S.Pd Sebagai
PKD Pulo Blang.
13. Cut Aja Putri Akbar Sebagai
PKD Seuneubok Aceh Baro
14. Maulina Sebagai
PKD Seuneubok Kulam.
15. Mahdalena Sebagai PKD
Seuneubok Lapang.
16. Maulidin Sebagai PKD
Seuneubok Teungoh,” kata M. Ikbal Farabi.

M. Ikbal Farabi Melanjutkan bahwa PKD Terpilih ini bertugas mengawal setiap tahapan Pemilu sesuai perundangan yang berlaku dan bertindak secara adil, netral dan tidak berlaku diskriminatif. Sebab, posisi PKD adalah sebagai ujung tombak pengawasan pemilu.

“Mereka yang terpilih sebagai anggota PKD ini sudah dijaring melalui seleksi yang cukup ketat. Mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara. Sehingga mereka yang terpilih tersebut dinilai punya kredibilitas yang cukup baik dan bisa mengembang tugas dengan maksimal,” jelasnya.

M. Ikbal berharap agar anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang dilantik ini harus bersikap netral. Selain itu, anggota PKD juga diharapkan bisa bersikap adil dan tidak diskriminatif jika menyelesaikan sengketa yang terjadi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Dengan dilantiknya PKD ini, di harapkan kedepannya bisa bekerja sama dengan baik, dan saya yakin hasil seleksi yang telah di cek sebelumnya memang benar-benar bahwa orang yang terpilih ini adalah orang-orang terbaik dan bisa membantu pemilu di tahun 2024 nanti,” harapnya.

Sementara itu, anggota Panwascam memberi intruksi kepada seluruh PKD agar langsung melaksanakan tugasnya, yang mana proses pengawasan yang sudah harus dilaksanakan.

“Untuk tugasnya nanti, mulai dari selesainya pelantikan ini mereka akan di bimbing teknis selama 1 hari dan langsung di tugaskan di Desa masing-masing,” ujarnya.

“Untuk tahapan pemilu serentak tahun 2024 telah berjalan khususnya tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan calon Peserta Pemilu tahun 2024 dan terbaru saat ini PPS di masing-masing desa sedang melaksanakan perekrutan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih),” pungkasnya.

Berakhirnya acara pelantikan PKD terpilih mengisi waktu jeda sejenak dan sambil menunggu memasuki acara Bimtek. (TS)