banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.
Berau  

PT Berau Coal Gelar Pelatihan dan Pendampingan Sistem Pengelolaan Keuangan BUMK

banner 728x250. banner 728x250.

BERAU – PT Berau Coal bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, menggelar pelatihan Pelatihan dan Pendampingan sistem Pengelolaan Keuangan BUMK bagi pengurus Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) pada Selasa (6/6/2023).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari program Pendampingan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal yang diikuti dari setiap kampung di Kabupaten Berau.

Community Development PT Berau Coal, Hery Syaprani mengungkapkan latar belakang kenapa PT.berau coal mendampingi BUMK karena menurutnya BUMK dapat berkonstribusi dalam pembangunan kampung.

“Dalam menjalankan program, ada banyak hal yang menjadi perhatian PT.Berau Coal, termasuk mengadakan Pelatihan Pendampingan Sistem Keuangan , ini menjadi hal yang utama bagaimana lembaga ini bisa berjalan,” ungkap Hery.

Hery berharap, dalam waktu 3 hari pelatihan tersebut peserta dapat memperhatikan dan fokus pada materi pelatihan termasuk season diskusi, sebab momentum ini menurutnya sangat jarang – jarang diadakan sehingga pelatihan tersebut bisa membuat BUMK semakin berkembang.

Disisi lain, Sekretaris DPMK, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Berau, Warji memberikan tanggapan kegiatan pelatihan dan pendampingan sistem pengelolaan keuangan BUMK yang digelar oleh PT Berau Coal tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan pengelolaan keuangan masyarakat, terutama bagi BUMK untuk peningkatan perekonomian lokal.

“Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan BUMK dapat mengelola keuangannya dengan lebih baik dan transparan, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat itu sendiri ,” ungkap Warji.

Ia juga menambahkan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PT Berau Coal dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat di Kabupaten Berau. Pihaknya berharap dukungan dan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan dapat terus ditingkatkan untuk mencapai pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Semantara itu, Eka Rabiatul Kibtia selaku pengawas BUMK Sukses Bersama kampung Tasuk, mengungkapkan, dengan diadakannya Pelatihan dan Pendampingan sistem Pengelolaan Keuangan ini sangat membantu pengelolaan terhadap BUMK yang ada di Kampung Tasuk, apalagi dirinya sangat baru mengikuti pelatihan semacam ini.

Eka juga mengharapkan agar pelatihan pelatihan yang di laksanakan oleh PT.Berau Coal dapat di laksanakan setiap 6 bulan sekali.

” Ya kalau bisa pelatihan seperti ini diadakan setiap 6 bulan sekali, sehingga BUMK yang ada semakin baik,” pungkasnya. (*)