banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

HUT Kemerdekaan RI KE-78, Disdukcapil Berau Penuhi Hak Kewarganegaraan WBP di Rutan Tanjung Redeb

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan penyerahan remisi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang terselenggarakan di Rutan Tanjung Redeb (16/08/2023).

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Berau, David Pamuji serahkan sebanyak 102 lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

“Alhamdulillah, hasil koordinasi yang terlaksana bersama Disdukcapil Berau, Hari ini mereka WBP menerima KTP,” Terang Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham.

“Inilah salah satu wujud komitmen bersama jajaran Petugas Rutan Tanjung Redeb, Untuk menjalin sinergi dengan pihak stakeholder dan memberikan pelayanan maksimal kepada WBP untuk mendapatkan syarat kependudukan berupa KTP,” Lanjutnya.

Lebih lanjut, Puang menegaskan bahwa KTP yang diterima oleh WBP nantinya bisa bermanfaat dalam hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang serta bisa dimanfaatkan dalam kepungurusan asuransi kesehatan (BPJS).

“Semua secara bertahap, Kami akan selesaikan satu persatu agar mereka WBP bisa mendapatkan hak mereka sebagai Warga Negara Indonesia,” Tegas Puang.

Kepala Rutan kembali menerangkan bahwasanya pemenuhan Hak WBP untuk bisa mendapatkan kartu identitas diri sebagai WNI akan terus terlaksana secara konsisten bersama Disdukcapil Berau.

“Jadi disini (Rutan Tanjung Redeb) isinya terus berubah, Ada tahan baru dan ada narapidana yang bebas. Kita pernah mencapai angka 100% untuk pemenuhan hak mereka (WBP) sebagai WNI. Tapi ketika ada tahanan yang baru dan memang belum memiliki KTP atau NIK, maka akan kami data dan laporkan ke disdukcapil,” ungkap Puang Dirham.

Penulis: yusril