banner 728x250. banner 728x250.

Juara Satu Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III, Kakam Labanan Makarti Diundang Ke Istana Negara.

banner 728x250. banner 728x250.

 

JAKARTA – Kampung Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur menambah deretan kampung berprestasi di Kabupaten Berau. Dipimpin Mudawi sebagai kepala kampung, Labanan Makarti meraih juara pertama lomba desa tingkat nasional regional III Kalimantan-Sulawesi Tahun 2023. Pengumuman pemenang dan penyerahan trophy, digelar di Discovery Convention Center Jakarta, Selasa (15/8/2023) malam tadi.

Trophy diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, kepada Kepala Kampung Labanan Makarti, Mudawi, didampingi Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Eko Prasetyanto. Selain trophy dan piagam penghargaan, kepala desa berprestasi ini juga mendapatkan hadiah sepeda motor. Selain itu Bersama Kepala Kampung terbaik di Indonesia, Kakam Labanan Makarti juga mendapat undangan khusus untuk hadir langsung dan mengikuti rangkaian Upacara HUT RI ke 78 di Istana Negara, pada 17 Agustus 2023.

Sebagai wakil Kalimantan Timur, Kampung Labanan Makarti sebelumnya telah melalui tahapan penilaian dan verifikasi lapangan, serta tahapan presentasi tigas besar, langsung dihadapan dewan juri di Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri. Labanan Makarti menyisihkan Desa Jawai Laut Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang meraih peringkat kedua dan Desa Bombanon Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah diperingkat ketiga.

Kepala Kampung Labanan Makarti, Mudawi, usai menerima penghargaan, mengungkapkan rasa bersyukur atas apa yang telah diraih. Juara ini dikatakannya menjadi pemicu semangat untuk terus memberikan yang terbaik dalam membangun kampung. Mudawi menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Labanan Makarti dan Kabupaten Berau. Serta Bupati dan seluruh jajaran Kecamatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) san Pemprov Kaltim yang terus memberikan bimbingan hingga berhasil menjadi yang terbaik di tingkat nasional. “Kami sangat bersyukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membimbing kami sehingga berhasil meraih juara dilomba desa ini,” tandasnya.

Mudawi memberi motivasi kepada Kepala Kampung lainnya di Kabupaten Berau untuk terus melakukan yang terbaik dan bersiap mengikuti lomba desa berikutnya. Sehingga kedepan akan terus ada desa berprestasi dari Bumi Batiwakkal yang meraih juara hingga ketingkat nasional.

Selain Labanan Makarti, dari Kalimantan Timur, juara lomba kelurahan tingkat nasional regional III ini juga diraih Kelurahan Karang Rejo, Kota Balikpapan.

 

Prokopim