banner 728x250. banner 728x250.
banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Pendaftaran Pemilihan Kepala Kampung Berakhir Pada Tanggal 28 Agustus Mendatang

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) pada tahun 2023 mendatang dan kini telah memasuki tahap awal pendaftaran yang dilakukan pada tanggal 18 Agustus hingga berakhir pada tanggal 28 Agustus 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung , Tentram Rahayu, menjelaskan bahwa dirinya akan terus menyiapkan dan berupaya semaksimal mungkin dalam persiapan Pilkakam.

“Selain itu, kami juga akan memastikan bahwa jumlah TPS disetiap Kampung ada berjumlah satu hingga dua TPS, tetapi tergantung jumlah pemilihnya,” jelasnya.

Kemudian, dirinya menegaskan bahwa peran yang paling penting dalam pemilihan Kepala Kampung yakni panitia pemilihan. Dengan hal tersebut, panitia pemilihan dapat memeriksa berkas dengan selektif terhadap berkas calon yang masuk.

“Dari persiapan sendiri, panitia sudah kami berikan pembekalan,” tegasnya.

Hal yang perlu diperhatikan, jika peserta dari kampung kurang dari dua orang calon, akan ada perpanjangan waktu pendaftaran dan jika terdapat lima peserta calon pendaftar akan ada ujian tertulis.

Dirinya juga berpesan kepada 53 kampung yang ada di Kabupaten Berau agar Kepala Kampung masing-masing dapat menyelesaikan tugas laporan pertanggung jawaban keuangan.

“Kemarin juga sudah rapat bersama pihak Polri dan TNI untuk menjaga kondusifitas dan kelancaran saat pilkakam berlangsung nantinya,” tandasnya.

Penulis: yusril