banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

DKP3A Gelar Peningkatakan Kapasitas Sumberdaya Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan

banner 728x250. banner 728x250.

 

 

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Kepala DKP3A, Hj. Noryani Sorayalita menggelar sosialisasi Peningkatakan Kapasitas Sumberdaya Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan Kewenangan Provinsi di Kabupaten Berau, Palmy Exclusive pada hari Kamis (07/09/2023).

 

Pada Sambutannya, dirinya menyampaikan Potensi Perempuan merupakan Aset Nasional yang besar yang harus terus- menerus dapat dikembangkan untuk membangun Negara Indonesia. Sebaliknya jika penduduk perempuan tidak diberikan ruang dan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan potensinya, maka perempuan dapat menjadi beban besar bangsa serta dapat mengurangi nilai dan hasil-hasil pembangunan yang telah dan akan dicapai.

“Untuk itu, optimalisasi penduduk sebagai sumber daya perempuan pembangunan harus senantiasa diupayakan dan diberdayakan dalam upaya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga,” ucapnya pada sambutan

Perempuan dan laki-laki mempunyai kedudukan dan hak yang sama serta hak dan peran yang sama untuk berekpresi dan bekerja dimanapun dia berada dan berhak mendapatkan perlindungan sebagai Warga Negara.

“Secara teoriritis perempuan mempunyai tiga peran utama yaitu peran Reproduktif dimana fungsi perempuan yang dapat hamil, melahirkan, menyusui dan merawat anak dalam keluarga,”jelasnya.

Kedua, peran Produktif dimana perempuan melakukan karya-karya produktif dengan berbagai profesi yang menghasilkan jasa maupun pendapatan, dan yang Ketiga yaitu peran Sosial perempuan yang banyak dilakukan untuk membantu masyarakat setempat tanpa imbalan.

“Peran Perempuan dalam bekerja sangatlah tulus dari dalam hati, hal ini yang dapat menjadi tiang untuk kemajuan daerah,” pungkasnya.

Penulis: yusril