banner 728x250. banner 728x250.

Pelayanan Dukcapil Berbasis Digital, Bupati Berau Mendorong Pemanfaatan Teknologi Informasi di Bumi Batiwakkal

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas membuka langsung rapat koordinasi dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kependudukan berbasis digital yang dilaksanakn di ruang rapat RPJMD, Selasa (26/09/2023).

 

Dirinya mengatakan sebagaimana diketahui bersama, dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan yang dialami penduduk. Sehingganya, dokumen kependudukan menjadi kebutuhan setiap warga negara Indonesia, karena menjadi persyaratan dasar untuk pengurusan pelayanan publik lainnya

Ia juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Berau telah berkomitmen kuat untuk mendorong pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya pelaksanaan program pembangunan. Sebagaimana bunyi salah satu agenda prioritas Pemkab Berau, yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi.

 

“Sudah semestinya kita mampu berinovasi dalam memberikan layanan masyarakat dengan sistem yang lebih modern, sebagai upaya efisiensi kerja, media mengetahui permasalahan masyarakat secara cepat, dan pada akhirnya, mampu merumuskan solusi kebijakan yang adil dan tepat sasaran,” ucapnya pada sambutan.

Adanya layanan adminduk yang berbasis digital ini tentunya akan memungkinkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan secara cepat dan mudah, di mana saja dan kapan saja, bahkan diharapkan dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan dan terwujudnya pemerataan pembangunan.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Disdukcapil Berau beserta seluruh jajaran yang terus konsisten melaksanakan program go digital melalui penerapan sistem pelayanan kependudukan digital dengan pemanfaatan aplikasi berbasis android,” pungkasnya.

Penulis: yusril