banner 728x250. banner 728x250.
Berau  

Sumadi Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda

banner 728x250. banner 728x250.

 

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengambil tema “Bersama Memajukan Indonesia”, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera sekaligus Bacaleg DPRD Berau Dapil I, Sumadi, mengajak seluruh Pemuda pemudi di Kabupaten Berau khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk bersama sama memaknai Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 ini bagi Generasi Muda.

Ia mengatakan Makna Sumpah Pemuda yang pertama adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan para pemuda berakhir dengan perolehan kemerdekaan bangsa.

Sedangkan, makna kedua Sumpah Pemuda yang kedua adalah sebagai rasa cinta tanah air. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan jiwa dan harta benda rakyat.

“Sumpah Pemuda menyumbangkan besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku,” kata Sumadi, Sabtu (28/10/2023).

Disisi lain, Sumadi juga mendorong Semangat Juang Generasi Muda atau Gen-z ini. Dalam rumusan Sumpah Pemuda akan kita  temukan betapa gelora semangat para pemuda berkobar untuk menciptakan kesatuan dan persatuan.

“Semangat juang dalam isi Sumpah Pemuda bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda atau Gen-z saat ini untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan,” tegasnya.

Makna Sumpah Pemuda yang bisa diambil adalah semangat terus berkobar sekalipun banyak rintangan seperti yang dilakukan para pemuda generasi terdahulu. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa.

Masyarakat Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai komunikasi universal dalam negara. Inilah makna Sumpah Pemuda yang perlu dipahami.

“Kita ingin dari generasi ke generasi mampu memaknai dengan baik cita-cita luhur dari penggagas lahirnya semangat pemuda dalam persatuan dan kesatuan,” tandasnya.