banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Berau Raih Penghargaan Pada Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

banner 728x250. banner 728x250.

 

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu – Kabupaten Berau kembali menorehkan prestasi tingkat nasional, kali ini dalam Anugerah Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.

Kampung Dumaring dari Kecamatan Talisayan berhasil memenangkan dua penghargaan pada event prestisius ini, yang diselenggarakan di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (24/11/2023).

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, juga menerima Anugerah Lencana Bakti Pembangunan Desa dari Kemendes PDTT RI. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen dan dedikasi Sri Juniarsih dalam mendukung pembangunan desa dan pengembangan pariwisata di Berau.

Raih Penghargaan dari MUI Ditengah Isu Boikot
Destinasi wisata Wisata Demangroop, dikelola oleh Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Amparan Tikar di Kampung Dumaring, telah menarik perhatian karena pengelolaannya yang inovatif dan kerja sama dengan berbagai pihak. Kampung Dumaring berhasil meraih juara dalam kategori tematik lingkungan serta peringkat delapan kategori desa maju/mandiri.

Sedangkan, Lencana Bakti Pembangunan Desa diberikan kepada Bupati Sri Juniarsih Mas, atas komitmen dan dedikasi dalam mendukung lomba desa wisata nusantara tahun 2023.

Kepala DPMK Berau, Tentram Rahayu, mengatakan diterimanya penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Berau. Terutama bagi seluruh masyarakat kampung, yang kembali tampil hingga ditingkat nasional.

Baca Juga: Berbagai Program Kukar Idaman Direalisasi dan Dianugrahi Penghargaan Nasional
“Kami mewakili ibu bupati untuk menerima lencana bakti pembangunan desa,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penghargaan dari Kemendes PDTT ini atas komitmen dan perhatian serius Bupati Berau dalam membangun badan usaha milik kampung di Bumi Batiwakkal.

“Dua penghargaan ini bersanding dan menjadi kebanggaan kita semua masyarakat Kabupaten Berau,” ujarnya.

l
Menurutnya, prestasi yang diraih Kampung Dumaring sangat membanggakan. Pasalnya, lomba desa wisata nusantara ini diikuti sebanyak 2007 desa se Indonesia kategori maju/mandiri dan kategori sangat tertinggal/tertinggal/berkembang.

Sebelumnya Dumaring masuk dalam nominasi 15 besar nasional pada kategori maju/mandiri.

“Alhamdulillah hasil akhir Dumaring meraih peringkat kedelapan dan ditambah juara kategori tematik lingkungan. Ini sangat membanggakan,” ungkapnya.

Anugerah Pengadaan Peringkat 3 Besar Nasional
Prestasi ini, dikatakannya berkat kerja keras seluruh pihak dan dukungan penuh masyarakat dalam pembangunan desa.

Dirinya pun berharap, tahun depan akan ada lagi destinasi wisata di desa yang kembali dapat menjadi unggulan di nasional.

Ia menegaskan, Pemkab Berau berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada pemerintah kampung dan seluruh perangkat dalam pengembangan potensi didaerah, termasuk pariwisata.

Sekaligus di Tingkat Nasional
Promosi destinasi terus dilakukan, termasuk kolaborasi program dengan instansi terkait untuk menggencarkan wisata di desa.

“Kita akan terus promosikan, termasuk program kunjungan wisata ke desa,” tandasnya.(yus/adv/prokopim)