banner 728x250. banner 728x250. banner 728x250.

Elita Menilai Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Masih Kurang

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB, Berau Global Satu –  Rendahnya Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan denga membuang sampah tidak pada tempatnya, bahkan  masih banyak yang memanfaatkan sungai atau lahan kosong untuk membuah sampah limbah rumah tangga.

Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina mengatakan kurangnya kepedulian masyarakat dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan tidak hanya di Sungai, tetapi juga di tempat-tempat umum.

“Kebiasaan seperti ini yang membuat daerah kita menjadi kotor dan tidak sehat,” ucapnya kepada Global-satu.com

Elita menilai, membuang sampah di sungai atau tempat umum lainnya akan berdampak negatif pada lingkungan, terlebih saat musim hujan. Sampah akan membuat sungai semakin dangkal sehingga mengakibatkan banjir.

“Saya juga sering memberikan masukan agar tidak membuang sampah di sungai. Tapi nyatanya banyak masyarakat yang belum sadar dan berpotensi menimbulkan banjir,” ungkpanya.

Ia mengatakan, salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat dari kebiasaan buruk ini adalah dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat baik di tingkat kampung hingga kecamatan untuk ikut berperan dalam memberikan edukasi terkait bahaya membuang sampah sembarangan serta dampak yang akan ditimbulkan.

“Langkah dasarnya bisa melalui sosialisasi di tingkat RT. Lalu memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Tentu peran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait sangat dibutuhkan,” tutupnya.(yus/adv)