banner 728x250. banner 728x250.

Kekurangan Personil Damkar, Rudi Ingin Pemerintah Anggarkan

banner 728x250. banner 728x250.

TANJUNG REDEB – Permasalahan dihadapi Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau hingga saat ini terkait kekurangan personil pemadam kebakaran (damkar) belum tersolusikan.

Menyikapi hal tersebut menurut Anggota Komisi I DPRD Berau, Rudi P Mangunsong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau harus ada keberanian untuk menganggarkan penambahan personil tersebut.

“Kalau kekurangan personil, tentunya kondisi tersebut akan membahayakan, baik bagi masyarakat juga untuk anggota BPBD itu sendiri,” ungkapnya.

Pertimbangan lain kenapa kekurangan personil ini perlu segera di sikapi, karena tugas BPBD tidak hanya soal memadamkan kobaran api saja, namun banyak tugas lain yang menjadi tanggung jawab OPD tersebut.

Salah satunya mengevakuasi hewan-hewan yang dianggap berbahaya bagi masyarakat seperti buaya, ular, beruang hingga tawon. Jika kekurangan personil, dikhawatirkan hal ini akan berdampak pada kondisi tertentu.

“Belum lagi masalah fasilitas damkar. Dimana banyak armada damkar yang butuh peremajaan. Belum tersedianya fire truck, padahal tidak sedikit gedung tinggi yang ada di Berau. Kalau tidak segera dilengkapi dikhawatirkan, jika terjadi musibah kebakaran di gedung tinggi maka personil bakal kesusahan.,” kata Rudi P Mangunsong.